Penyidik Akan Minta Bantuan Ahli Periksa Hasil Audit RS Mitra Keluarga RS Mitra Keluarga. (mitrakeluarga.com)

MerahPutih.com - Polda Metro Jaya telah menerima hasil audit RS Mitra Keluarga Kalideres dari Kementerian Kesehatan terkait meninggalnya bayi Tiara Debora Simanjorang. Selanjutnya hasil audit ini akan dicocokkan dengan fakta-fakta yang didapat dari penyelidikan kasus meninggalnya bayi Debora.

"Hasil audit ini sekarang sedang kita dalami, nanti kita akan melakukan pemeriksaan. Apakah benar ada temuan kesalahan dalam hal penanganan atau kesalahan dalam manajemen rumah sakit," kata Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Adi Deriyan Jayamarta di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (6/10).

Audit yang dilakukan Kemenkes meliputi manajemen dan tenaga kemedisan. Adi mengungkapkan penyidik mempunyai keterbatasan dalam membaca audit, khususnya terkait ketenagamedisan.

Pasalnya, audit terkait ketenagamedisan banyak menggunakan istilah kedokteran. Sehingga, penyidik harus menelaah lebih jauh istilah-istilah kedokteran dalam audit dari kemenkes.

Penyidik harus mengerti istilah-istilah kedokteran dalam audit Kemenkes dan kaidah bahasa indonesia apa saja tindakannya yang dimaksud dalam audit. Untuk itu, penyidik akan meminta bantuan dari eksternal untuk membaca lebih jauh hasil audit tersebur.

"Yang pasti yang melakukan dari pihak dinas kesehatan DKI dan IDI," kata Adi singkat.

Adi juga mengutarakan, pihaknya belum dapat menyimpulkan dugaan kelalaian dari RS Mitra Keluarga atas meninggalnya bayi Debora.

"Saya belum bisa beri pernyataan soal itu dulu. Harus baca dulu dan harus tahu dulu dari ahlinya untuk mengetahui, apa hasil audit itu," jelas Adi. (Ayp)

Baca juga berita terkait lainnya di: Kematian Bayi Debora, RS Mitra Keluarga Penuhi Panggilan KPAI

Kredit : anggayudha

Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH