Penyelenggara Jakarta Fair Akan Genjot Pengunjung Pada Hari Kerja Konferensi pers Jakarta Fair Kemayoran 2019 di Jakarta, Senin (20/5/2019) (ANTARANews/ Nanien Yuniar)

MerahPutih.Com - Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019 sedang berlangsung di JIExpo Kemayoran. Sejak dibuka sampai sekarang, jumlah pengunjung terus bertambah namun penyelenggara ingin lebih maksimal lagi.

Renyelenggara Jakarta Fair terus berupaya menggenjot pengunjung pada hari kerja dengan memberikan harga tiket yang lebih murah dibandingkan akhir pekan apalagi sudah memasuki masa liburan.

"Bahkan, di hari senin pun tiket kami yang termurah. Istilahnya cheap monday day," kata Direktur Marketing PT JIExpo Ralph Scheunemann, di sela PRJ 2019, Jakarta, Minggu (26/5) malam.

Untuk harga tiket, hari Senin sebesar Rp30.000 per orang, kemudian Selasa-Kamis sebesar Rp35.000 per orang, sementara Jumat-Minggu dikenai tiket Rp40.000 per orang.

Ralph mengakui tingkat kunjungan pada akhir pekan memang tinggi, seperti terlihat pada akhir pekan pertama sejak dibuka pada 22 Mei 2019.

 Direktur Marketing PT JIExpo Ralph Scheunemann
Direktur Marketing PT JIExpo Ralph Scheunemann (Antaranews)

"Kemarin (25/5) pun jumlah pengunjung sudah melebihi 120.000 (orang). Hanya kemarin saja, malam minggu. Saya rasa hari ini angkanya pun akan sama, ya," katanya.

Apalagi, pengunjung pada hari Minggu terbagi atas dua, yakni mereka yang datang pada pagi sampai sore hari, dan mereka yang datang pada malam hari.

"Memang masyarakat Indonesia kan paling suka pergi weekend, ya. Dari panitia selalu berusaha supaya masyarakat lebih banyak datang ke weekday," katanya.

Meskipun demikian, Ralph bersyukur karena tingkat kunjungan masyarakat ke ajang tahunan untuk memperingati hari ulang tahun DKI Jakarta itu sudah kembali normal.

"Kita lihat sebetulnya jumlah pengunjung dimulai dari hari Jumat, Sabtu, Minggu sudah memperlihatkan jumlah yang bagus. Bisa dikatakan sudah kembali ke normal," katanya.

Walaupun sempat terjadi aksi demonstrasi yang menimbulkan kericuhan, ia mengatakan para pengunjung tetap berdatangan ke Jakarta Fair 2019, dan semakin hari kian meningkat.

BACA JUGA: Menhub Minta Kereta Api Tingkatkan Kewaspadaan Daerah Rawan Bencana

Tanggapi Pernyataan BW Soal MK, Presiden Jokowi: Jangan Rendahkan Institusi Negara

Ralph Scheunemann sebagaimana dilansir Antara mengakui pada penyelenggaraan Jakarta Fair tahun ini menargetkan jumlah pengunjung naik 100.000 dibandingkan penyelenggaraan tahun lalu sebanyak 6,7 juta orang.

"Bagi kami, itu sudah enggak penting. Paling penting, masyarakat yang datang bisa merasa aman dan nyaman. Pesertanya pun bisa berjualan dengan baik karena jumlah pengunjung yang 6,7 (juta) itu sudah luar biasa," kata Ralph.

Jakarta Fair merupakan acara tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi DKI Jakarta pada 22 Juni. Pada tahun ini, ajang tersebut diadakan mulai 22 Mei-30 Juni 2019 di JIExpo Kemayoran.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH