Penyediaan Air Bersih, Pemprov DKI Kerja Sama Pemkab Tangerang Penandatangan kerja sama Pemprov DKI dengan Kabupaten Tangerang. (MP/Asropih Opih)

MerahPutih.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melakukan penandatanganan kerja sama dengan Kabupaten Tangerang, Banten, guna penyediaan layanan air bersih di Ibu Kota.

Dalam kerja sama ini, Pemprov DKI dan Pemkab Tangerang menggandeng perusahaan air PT PAM Jaya dan juga PDAM Tirta Kerta Raharja sebagai pelaksana.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kerja sama antara Pemprov DKI dan Kabupaten Tangerang dalam pengelolaan air bersih telah berjalan selama 20 tahun. Saat ini kerja sama tersebut terus ditingkatkan.

Terdapat 13 sungai yang mengalir di wilayah Ibu Kota. Meski demikian, saat ini sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan air bersih dari tanah karena meningkatnya volume penduduk.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berkata, saat ini pasokan air tidak bisa dikelola secara individu. Tetapi dilakukan oleh pemerintah melalui badan usaha milik daerah agar penyediaan air bersih teratur dan terjamin.

"Pengelolaannya kolektif dan dikerjakan oleh pemerintah, dalam hal ini melalui pemerintahan atau pun melalui badan usaha. Alhamdulillah kita sekarang menandatangani sebuah kesepakatan yang insyaallah akan menjadi framework kerja sama di tahun-tahun ke depannya," ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (13/2).

Lebih lanjut, menurut Anies, selama ini sebanyak 16 persen ketersediaan air bersih di Ibu Kota merupakan pasokan dari Kabupaten Tangerang.

"Jakarta ini dari catatan statistiknya sejak tahun '93 telah didukung suplai air bersihnya. Kalau menurut catatan saya 15-16 persen itu disuplai dari mana, dari kabupaten Tangerang," jelasnya.

Sementara itu, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, masalah penyediaan air bersih memang tak hanya terjadi di Jakarta, tetapi hampir di setiap daerah. Untuk itu melalui PDAM Tirta Kerta Rahardja, Pemkab Tangerang menjamin dapat memberikan jalan keluar kebutuhan air di Ibu Kota.

"Tentu saja kerja sama ini juga nantinya mudah-mudahan kami berharap akan berlanjut pada beberapa kerja sama lainnya yang bisa dilakukan antara Pemerintah Kabupaten Tangerang dengan Pemerintah DKI dalam rangka meningkatkan peran serta pemerintah dalam membangun kesejahteraan masyarakat, khususnya bukan saja untuk air bersih tapi nanti ke depan untuk berbagai hal," pungkasnya. (Asp)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Reaksi Sandiaga soal Jalan Retak di Jakarta

Kredit : asropih


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH