Penyebaran Kasus COVID-19 dan Kondisi RS di Delapan Daerah Tujuan Utama Mudik Petugas di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (Foto: MP/Dicke Prasetia)

MerahPutih.com - Kondisi kasus COVID-19 di Indonesia diklaim terkendali setelah Lebaran.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Satgas telah melakukan evaluasi perkembangan pada delapan provinsi terutama pada daerah-daerah tujuan mudik terbesar.

Yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta DI Yogyakarta, Lampung, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Baca Juga:

Waspada, Penambahan Kasus Harian COVID-19 Diatas 400-an Orang per Hari Ini

"Kasus positif, kasus aktif, kematian BOR serta positivity rate kedelapannya mengalami penurunan yang signifikan," Wiku dalam Keterangan Pers, Rabu (11/5).

Menurut Wiku, perkembangan delapan provinsi menjadi pertimbangan utama pelonggaran pengaturan perjalanan di Indonesia.

Pada periode kali ini, evaluasi pada delapan provinsi tersebut perkembangannya cukup bervariasi pada kasus positif, sembuh, meninggal dan kasus aktif serta tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR).

"Kabar baiknya, secara kasus positif mingguan di seluruh provinsi mengalami penurunan," sebut Wiku.

Pada kasus positif dalam tujuh hari terakhir, penambahan tertinggi di DKI Jakarta yaitu 519 kasus dan penambahan terendah di Sumatera Barat sebanyak 6 kasus.

Lalu, pada persentase kesembuhan harian di seluruh provinsi mengalami kenaikan. Data per 9 Mei 2022, persentase kesembuhan di seluruh provinsi sudah lebih dari 90 persen. Dengan tertinggi yaitu DKI Jakarta 98,7 persen, Jawa Barat 98,4 persen dan Sumatera Utara 97,8 persen.

Selanjutnya, pada kasus kematian mingguan di seluruh provinsi dalam tiga bulan terakhir mengalami penurunan. Namun, Jawa Tengah beberapa minggu terakhir masih mengalami kenaikan meskipun tidak signifikan.

Penambahan kematian dalam 7 hari terakhir tertinggi juga di Jawa Tengah yaitu 63 kasus.

Sementara penambahan terendah di Sumatera Barat yaitu 0 kasus.

Untuk kasus aktif mingguan di seluruh provinsi mengalami penurunan dan per 8 Mei 2022, penambahan kasus aktif tertinggi di Jawa Barat yaitu 1.598 dan penambahan terendah di Sumatera Barat yaitu 92 kasus.

Pada persentase BOR ruang isolasi rumah sakit rujukan COVID-19, masih terbilang sangat rendah yakni sekitar 0,35 sampai 2,71 persen saja.

Jika melihat pada delapan provinsi tersebut, persentase tertinggi di DI Yogyakarta sebesar 2,71 persen. Sementara terendah di Lampung yaitu 0,99 persen.

Kabar baik lainnya, angka positivity rate dari tes PCR terus menurun. Jika pertengahan Maret lalu angkanya lebih dari 30 persen, di minggu lalu turun drastis hingga 1,73 persen orang positif dari total diperiksa.

Sayangnya jumlah orang diperiksa mingguan mengalami penurunan.

Jika pada pertengahan Maret lalu mencapai lebih dari 1 juta orang diperiksa per minggu, kini angkanya terus menurun hingga minggu lalu sekitar 300 ribu orang.

"Hal ini perlu kita tingkatkan karena semakin banyak yang dites, maka kita akan semakin dapat melihat gambaran penularan COVID-19 yang akurat di tengah masyarakat," lanjut Wiku.

Baca Juga:

DPR Tagih Pemerintah Soal Wajib Sediakan Vaksin COVID-19 Halal

Di samping itu, yang penting diwaspadai bersama ialah tren kenaikan mobilitas ternyata tidak hanya dialami oleh provinsi tujuan mudik, namun hampir merata pada 33 dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Dari data Google Mobility per 6 Mei 2022, kenaikan mobilitas umumnya terjadi pada lokasi ritel dan rekreasi, toko bahan makanan, taman dan pusat transportasi umum.

"Sementara mobilitas di tempat kerja dan perkantoran secara keseluruhan menurun," beber Wiku.

Secara wilayah, kenaikan mobilitas tertinggi pada tempat retail dan rekreasi berada di Sumatera Barat naik 110 persen, Jawa Tengah naik 85 persen dan Lampung naik 81 persen.

Pada toko bahan makanan, Sumatera Barat naik 153 persen Lampung naik 127 persen dan Jawa Tengah naik 118 persen.

Pada taman termasuk pantai dan ruang terbuka umum, Sumatera Barat naik 280 persen persen, Riau naik 225 persen dan Lampung naik 219 persen.

Sementara, pusat transportasi umum, Lampung naik 237 persen Jawa Tengah naik 127 persen dan Sumatera Barat naik 71 persen.

Meski demikian, satu-satunya provinsi yang menurun mobilitasnya adalah DKI Jakarta yang terjadi pada 4 dari 5 lokasi survei, kecuali pada area taman meningkat sangat kecil yaitu 8 persen persen.

Untuk itu, demi mempertahankan penurunan kasus yang cukup signifikan, masyarakat harus sadar dan disiplin diri masing-masing individu untuk menjaga diri dari menular dan tertular.

"Perlu diwaspadai bersama, bahwa terjadinya kenaikan mobilitas yang merata diiringi peningkatan Interaksi masyarakat sehingga semakin tinggi risiko terbentuknya kerumunan," terang Wiku.

Hal penting lainnya, ialah kesadaran tinggi untuk dites bagi masyarakat yang memiliki riwayat bepergian jarak jauh dan mengunjungi lokasi keramaian.

Terlebih bagi yang merasa bergejala dimohon secara sadar segera dites.

"Terutama kelompok rentan seperti lansia anak-anak dan penderita komorbid," pungkas Wiku. (Knu)

Baca Juga:

Strategi NOC dan CdM Minimalisir Kesalahan Hasil Tes Covid-19 Atlet di SEA Games Vietnam

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
617 Orang Positif COVID-19 dalam Sehari, Waspada Gelombang Baru Pascamudik
Indonesia
617 Orang Positif COVID-19 dalam Sehari, Waspada Gelombang Baru Pascamudik

Kasus positif di Indonesia kembali bertambah sebanyak 617 orang pada Rabu (27/4).

12 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Tanah
Indonesia
12 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Tanah

Sebanyak 12 penambang tewas tertimbun tanah saat mencari butiran emas di Desa Bandar Limabung, Kecamatan Lingga Bayu, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara.

Luhut Klaim Penurunan Kasus COVID-19 Terjadi Signifikan di Jawa dan Bali
Indonesia
Luhut Klaim Penurunan Kasus COVID-19 Terjadi Signifikan di Jawa dan Bali

Detail kabupaten/kota mana saja yang masuk dalam PPKM level 3 dan 4 nantinya akan dikeluarkan lewat instruksi Mendagri

Ketua DPD Optimistis Vaksin Nusantara Mampu Atasi Pandemi COVID-19
Indonesia
Ketua DPD Optimistis Vaksin Nusantara Mampu Atasi Pandemi COVID-19

Ketua DPD RI, LaNyalla Mattalitti, kembali menegaskan dukungan untuk Vaksin Nusantara. Ia optimistis vaksin ini bisa membantu mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Novel Baswedan CS Dilantik Jadi ASN Polri, Ketua KPK Diminta Hadir
Indonesia
Novel Baswedan CS Dilantik Jadi ASN Polri, Ketua KPK Diminta Hadir

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang dilakukan KPK sebelumnya telah membuat 44 orang eks pegawai KPK berpindah ke Mabes Polri.

Dua Tersangka Pembunuhan Anggota Laskar FPI Segera Duduk di Kursi Pesakitan
Indonesia
Dua Tersangka Pembunuhan Anggota Laskar FPI Segera Duduk di Kursi Pesakitan

Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI

Obyek Wisata Dengan Jarak 5 Kilometer dari Lereng Merapi Ditutup
Indonesia
Obyek Wisata Dengan Jarak 5 Kilometer dari Lereng Merapi Ditutup

Sejak 5 November 2020 hingga hari ini, Gunung Merapi kini memiliki dua kubah lava, yaitu kubah lava barat daya dan kubah lava tengah kawah.

Mandalawangi Bergerak Lakukan Vaksinasi Warga di Kaki Gunung
Indonesia
Mandalawangi Bergerak Lakukan Vaksinasi Warga di Kaki Gunung

Animo masyarakat dalam wisata mendaki gunung di Jawa Barat masih relatif tinggi di tengah pandemi, sehingga dibutuhkan upaya antisipasi penularan COVID-19 kepada penduduk sekitar.

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Sejalan Cita-Cita UUD 1945
Indonesia
Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Sejalan Cita-Cita UUD 1945

Hilmy Muhammad. menilai langkah orang nomor satu di Indonesia itu sudah tepat karena merupakan bagian dari impelentasi nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

Pencopotan M Taufik dari Wakil Ketua DPRD DKI akan Berdampak Pada Gerindra
Indonesia
Pencopotan M Taufik dari Wakil Ketua DPRD DKI akan Berdampak Pada Gerindra

Partai Gerindra akan rugi besar telah mendepak Mohamad Taufik dari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta. Sebab, Taufik mempunyai sejarah baik dengan membawa kejayaan Gerindra DKI dalam memenangkan calonnya menjadi Gubernur DKI pada Pemilu 2014 dan 2017.