Penyebaran Kasus COVID-19 dan Kondisi RS di Delapan Daerah Tujuan Utama Mudik Petugas di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. (Foto: MP/Dicke Prasetia)

MerahPutih.com - Kondisi kasus COVID-19 di Indonesia diklaim terkendali setelah Lebaran.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, Satgas telah melakukan evaluasi perkembangan pada delapan provinsi terutama pada daerah-daerah tujuan mudik terbesar.

Yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, DKI Jakarta DI Yogyakarta, Lampung, Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Baca Juga:

Waspada, Penambahan Kasus Harian COVID-19 Diatas 400-an Orang per Hari Ini

"Kasus positif, kasus aktif, kematian BOR serta positivity rate kedelapannya mengalami penurunan yang signifikan," Wiku dalam Keterangan Pers, Rabu (11/5).

Menurut Wiku, perkembangan delapan provinsi menjadi pertimbangan utama pelonggaran pengaturan perjalanan di Indonesia.

Pada periode kali ini, evaluasi pada delapan provinsi tersebut perkembangannya cukup bervariasi pada kasus positif, sembuh, meninggal dan kasus aktif serta tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit (BOR).

"Kabar baiknya, secara kasus positif mingguan di seluruh provinsi mengalami penurunan," sebut Wiku.

Pada kasus positif dalam tujuh hari terakhir, penambahan tertinggi di DKI Jakarta yaitu 519 kasus dan penambahan terendah di Sumatera Barat sebanyak 6 kasus.

Lalu, pada persentase kesembuhan harian di seluruh provinsi mengalami kenaikan. Data per 9 Mei 2022, persentase kesembuhan di seluruh provinsi sudah lebih dari 90 persen. Dengan tertinggi yaitu DKI Jakarta 98,7 persen, Jawa Barat 98,4 persen dan Sumatera Utara 97,8 persen.

Selanjutnya, pada kasus kematian mingguan di seluruh provinsi dalam tiga bulan terakhir mengalami penurunan. Namun, Jawa Tengah beberapa minggu terakhir masih mengalami kenaikan meskipun tidak signifikan.

Penambahan kematian dalam 7 hari terakhir tertinggi juga di Jawa Tengah yaitu 63 kasus.

Sementara penambahan terendah di Sumatera Barat yaitu 0 kasus.

Untuk kasus aktif mingguan di seluruh provinsi mengalami penurunan dan per 8 Mei 2022, penambahan kasus aktif tertinggi di Jawa Barat yaitu 1.598 dan penambahan terendah di Sumatera Barat yaitu 92 kasus.

Pada persentase BOR ruang isolasi rumah sakit rujukan COVID-19, masih terbilang sangat rendah yakni sekitar 0,35 sampai 2,71 persen saja.

Jika melihat pada delapan provinsi tersebut, persentase tertinggi di DI Yogyakarta sebesar 2,71 persen. Sementara terendah di Lampung yaitu 0,99 persen.

Kabar baik lainnya, angka positivity rate dari tes PCR terus menurun. Jika pertengahan Maret lalu angkanya lebih dari 30 persen, di minggu lalu turun drastis hingga 1,73 persen orang positif dari total diperiksa.

Sayangnya jumlah orang diperiksa mingguan mengalami penurunan.

Jika pada pertengahan Maret lalu mencapai lebih dari 1 juta orang diperiksa per minggu, kini angkanya terus menurun hingga minggu lalu sekitar 300 ribu orang.

"Hal ini perlu kita tingkatkan karena semakin banyak yang dites, maka kita akan semakin dapat melihat gambaran penularan COVID-19 yang akurat di tengah masyarakat," lanjut Wiku.

Baca Juga:

DPR Tagih Pemerintah Soal Wajib Sediakan Vaksin COVID-19 Halal

Di samping itu, yang penting diwaspadai bersama ialah tren kenaikan mobilitas ternyata tidak hanya dialami oleh provinsi tujuan mudik, namun hampir merata pada 33 dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Dari data Google Mobility per 6 Mei 2022, kenaikan mobilitas umumnya terjadi pada lokasi ritel dan rekreasi, toko bahan makanan, taman dan pusat transportasi umum.

"Sementara mobilitas di tempat kerja dan perkantoran secara keseluruhan menurun," beber Wiku.

Secara wilayah, kenaikan mobilitas tertinggi pada tempat retail dan rekreasi berada di Sumatera Barat naik 110 persen, Jawa Tengah naik 85 persen dan Lampung naik 81 persen.

Pada toko bahan makanan, Sumatera Barat naik 153 persen Lampung naik 127 persen dan Jawa Tengah naik 118 persen.

Pada taman termasuk pantai dan ruang terbuka umum, Sumatera Barat naik 280 persen persen, Riau naik 225 persen dan Lampung naik 219 persen.

Sementara, pusat transportasi umum, Lampung naik 237 persen Jawa Tengah naik 127 persen dan Sumatera Barat naik 71 persen.

Meski demikian, satu-satunya provinsi yang menurun mobilitasnya adalah DKI Jakarta yang terjadi pada 4 dari 5 lokasi survei, kecuali pada area taman meningkat sangat kecil yaitu 8 persen persen.

Untuk itu, demi mempertahankan penurunan kasus yang cukup signifikan, masyarakat harus sadar dan disiplin diri masing-masing individu untuk menjaga diri dari menular dan tertular.

"Perlu diwaspadai bersama, bahwa terjadinya kenaikan mobilitas yang merata diiringi peningkatan Interaksi masyarakat sehingga semakin tinggi risiko terbentuknya kerumunan," terang Wiku.

Hal penting lainnya, ialah kesadaran tinggi untuk dites bagi masyarakat yang memiliki riwayat bepergian jarak jauh dan mengunjungi lokasi keramaian.

Terlebih bagi yang merasa bergejala dimohon secara sadar segera dites.

"Terutama kelompok rentan seperti lansia anak-anak dan penderita komorbid," pungkas Wiku. (Knu)

Baca Juga:

Strategi NOC dan CdM Minimalisir Kesalahan Hasil Tes Covid-19 Atlet di SEA Games Vietnam

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pembangunan Sirkuit Formula E Ditargetkan Rampung 54 Hari
Indonesia
Pembangunan Sirkuit Formula E Ditargetkan Rampung 54 Hari

Ketua Pelaksana Formula E, Ahmad Sahroni menyampaikan, pembangunan lintasan ajang balap mobil bertenaga listrik itu ditargetkan selesai selama 54 hari dengan durasi kerja sehari 24 jam sesuai kontrak kerja.

[HOAKS atau FAKTA]: Mantan Pimpinan KPK Ditangkap Polisi
Indonesia
[HOAKS atau FAKTA]: Mantan Pimpinan KPK Ditangkap Polisi

Beredar informasi di media sosial Twitter yang menyebutkan bahwa mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto ditangkap pihak kepolisian.

Sanksi Berat Barat dan Kepercayaan Diri Rusia Amankan Mata Uang Rubel
Indonesia
Sanksi Berat Barat dan Kepercayaan Diri Rusia Amankan Mata Uang Rubel

Rubel Rusia jatuh ke rekor terendah terhadap dolar pada Senin (28/2), setelah negara-negara Barat mengumumkan serangkaian sanksi keras selama akhir pekan.

Komposisi Hakim dalam Sidang Pelanggaran HAM Berat Paniai pada 21 September
Indonesia
Komposisi Hakim dalam Sidang Pelanggaran HAM Berat Paniai pada 21 September

Sidang ad hoc pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat Paniai, Papua, dengan terdakwa Mayor Inf (Purn) Isak Sattu, direncakanan digelar pada 21 September 2022.

Edy Mulyadi Bersedia Diperiksa Bareskrim Polri
Indonesia
Edy Mulyadi Bersedia Diperiksa Bareskrim Polri

Hingga saat ini sebanyak 38 saksi telah dimintai keterangan

Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan di 101 Lokasi
Indonesia
Kemenag Pantau Hilal Awal Ramadan di 101 Lokasi

Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat 1 Ramadan 1443 H pada Jumat (1/4). Sebelum sidang, ada rukyatul (pemantauan) hilal yang dilakukan di 101 lokasi.

RSDC Wisma Atlet Difokuskan Rawat Pasien COVID-19 Bergejala
Indonesia
RSDC Wisma Atlet Difokuskan Rawat Pasien COVID-19 Bergejala

RSDC Wisma Atlet juga hanya menerima pasien dari para pelaku perjalanan luar negeri (PPLN)

Keraton Surakarta Tabuh 2 Gamelan Sakral, Warga Langsung Berebut Janur Kuning
Indonesia
Keraton Surakarta Tabuh 2 Gamelan Sakral, Warga Langsung Berebut Janur Kuning

Sepasang gamelan pusaka milik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Kyai Guntur Madu dan Kyai Guntur Sari dikeluarkan.

[HOAKS atau FAKTA]: Ojo Dibandingke Dinyanyikan di Ajang Pencarian Bakat Luar Negeri
Indonesia
[HOAKS atau FAKTA]: Ojo Dibandingke Dinyanyikan di Ajang Pencarian Bakat Luar Negeri

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan video cuplikan dari sebuah ajang pencarian bakat di luar negeri.

DPR Janjikan RUU Migas Dibahas Tahun 2022
Indonesia
DPR Janjikan RUU Migas Dibahas Tahun 2022

RUU Migas tidak masuk dalam daftar 40 RUU Prolegnas, tetapi menjadi carry over tahun sebelumnya, sehingga harus dibahas pada tahun depan.