Penyebaran Hoax Dapat Ditangkal Dengan Identitas Sah suasana diskusi 'Melawan Hoax dengan Literasi dan Bermedia Sosial yang Sehat' di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat (MP/Fadhli)

Merahputih.com - Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) PDI Perjuangan, Eriko Sotarduga menilai maraknya sebaran berita hoax melalui media sosial disebabkan beberapa faktor, di antaranya adalah kurangnya pengawasan dari lembaga terkait.

Untuk itu, dia meminta sekaligus mengusulkan kepada Pemerintah dan penyedia layanan media sosial (medsos) untuk mewajibkan pengguna medsos memasukan data sesuai KTP yang sah.

"Kalau saya konkret saja, usul, kenapa tidak kalau kita bikin akun (medsos) harus dengan KTP yang sah," ungkapnya dalam diskusi 'Melawan Hoax dengan Literasi dan Bermedia Sosial yang Sehat' di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Jumat (9/2).

Menurut Eriko, silakan saja jika si pengguna ingin memiliki akun medsos berapapun, bahkan lebih dari sepuluh akun pun boleh saja. Namun tetap menggunakan data dari KTP yang sah.

Sehingga, lanjut Eriko, siapapun tidak akan berani menyebarkan ujaran kebencian, berita hoax ataupun fitnah di medsos.

"Misal, nomor KTP jelas, alamat, status. Iya kan? Bahwa kita bertanggungjawab," ujarnya.(Fdi)

Kredit : fadhli

Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH