Kenali Penyebab Smartphone Cepat Panas Salah satu penyebab smartphone menjadi boros adalah tidak menutup aplikasi pada background (Foto: pixabay)

Kehadiran smartphone saat ini sudah ibarat dompet. Nyaris tak bisa ditinggalkan, terutama saat bepergian. Namun, terkadang Anda pasti merasakan smartphone cepat panas. Biasanya, setelah digunakan cukup lama.

Ada beberapa hal yang membuat smartphone lekas panas.

1. Micro SD terkena virus

Micro SD atau kartu memori digunakan lantaran untuk menyimpan beberapa file tambahan yang tidak bisa disimpan lagi di memori internal. Lebih lanjut, kartu memori yang terkena virus bisa memperlambat kinerja smartphone. Dengan kata lain, ponsel akan cepat panas.

Solusi: Ganti kartu memori Anda dengan yang baru.

2. Tidak update aplikasi

Sudah lumrah bagi Anda yang memiliki smartphone untuk menginstal banyak aplikasi. Setiap aplikasi pada smartphone akan selalu menghadirkan update terbaru. Jika malas update, smartphone akan bekerja lebih lambat dan tentu menyebabkannya menjadi panas.

Solusi: Update ponsel setiap kali ada notifikasi.

3. Wi-Fi

Setiap smartphone pasti sudah tersedia Wi-Fi (wireless fidelity), untuk koneksi internet. Terkadang, Wi-Fi yang selalu aktif juga bisa menyebabkan ponsel Anda menjadi panas.

Solusi: Matikan Wi-Fi ketika sedang dalam perjalanan atau berada di area tanpa Wi-Fi. Cukup aktifkan Wi-Fi ketika Anda tengah berada di area yang tersedia hotspot.

4. Pakai smartphone saat isi baterai

Sudah menjadi kebiasaan banyak orang menggunakan smartphone saat sedang mengisi daya baterai. Tentu hal ini membuat ponsel jadi panas karena harus bekerja ekstra. Selain itu, memakai ponsel saat mengisi baterai juga bisa membuat baterai menjadi kembung dan rusak.

Solusi: Jangan gunakan ponsel ketika sedang mengisi baterai.

5. Tidak menutup aplikasi pada background

Smartphone bisa bekerja multitasking, dengan menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan. Sehingga terkadang Anda malas menutup aplikasi yang sudah digunakan.

Solusi: Tutup aplikasi yang tidak digunakan lagi agar smartphone tidak cepat panas.

Baca juga artikel mengenai 5 Smartphone Dengan Daya Baterai Paling Boros 2015.



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH