Kecantikan

Penyebab Kulit Wajah Jadi Sensitif

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Kamis, 03 November 2022
Penyebab Kulit Wajah Jadi Sensitif
Kondisi kulit yang sensitif, diperlukan pertolongan untuk mengembalikan kulit ke kondisi yang paling optimal. (Foto: Unsplash/Amanda Dalbjorn)

KULIT wajah jadi bagian tubuh yang paling mudah terkena radang dan sensitif. Gejala radang dan sensitif pada kulit wajah dapat mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri. Untuk mencegah kulit wajah jadi sensitif, kamu perlu tahu apa penyebabnya.

Menurut Pakar dermatologi, dr Margaretha Indah Maharani Sp.KK, mengatakan salah satu alasan kulit wajah dapat meradang dan sensitif karena faktor perlindungannya tidak baik-baik saja.

"Selain imunitas berubah, kulit ibarat seperti pagar, pagarnya lagi enggak oke," ujar dia dalam talkshow The Launch of ERHA Skinsitive Ultracalm di Jakarta, Selasa (2/11) seperti dikutip Antara.

Margaretha mengatakan, penyebab masalah ini terbagi dalam dua kelompok besar, salah satunya kulit yang menjadi sensitif akibat bawaan sejak lahir seperti eczema, rosacea, dan psoriasis.

Baca juga:

Mengenal Morpheus 8, Teknologi Canggih untuk Wujudkan Kulit Wajah Kencang

kulit wajah
Skin barrier atau sawar kulit harus optimal agar memproteksi tubuh dari pajanan polusi dari luar, kosmetik mengandung alkohol, asap rokok. (Foto: Unsplash/Aiony Haust)

Kemudian, tipe kulit yang sebenarnya normal tetapi karena gaya hidup seperti riasan atau perawatan kulit tak tepat dan berlebihan, yang akhirnya membuat kulit mudah sensitif. Pada kondisi kulit yang sensitif, diperlukan pertolongan untuk mengembalikan kulit ke kondisi yang paling optimal, yakni dengan perawatan kulit yang tepat.

"Skin barrier atau sawar kulit harus optimal agar memproteksi tubuh dari pajanan polusi dari luar, kosmetik mengandung alkohol, asap rokok," kata Margaretha.

Dia menyarankan penggunaan pembersih atau sabun wajah yang membuat nyaman, mengembalikan kelembapan kulit, dan memiliki efek soothing atau menenangkan kulit.

"Jangan lupa habis cuci muka gunakan toner yang sifatnya balancing untuk bikin kulit jadi adem lagi. Jangan lupa juga pilih skincare yang memberi nutrisi," saran dia.

Baca juga:

Perawatan Kulit Wajah Sesuaikan dengan Jenis Kulitnya

kulit wajah
Jangan lupa mengaplikasikan pelembap atau moisturizer termasuk yang mengandung komponen Ceramide. (Foto: Unsplash/June O)

Margaretha juga menyarankan penggunaan serum yang punya kemampuan meningkatkan kelembapan kulit sekaligus menenangkan supaya gejala iritasi, gatal dan kemerahan mereda.

Selain itu, jangan lupa mengaplikasikan pelembap atau moisturizer termasuk yang mengandung komponen Ceramide.

Margaretha menuturkan, stres yang dialami seseorang baik secara fisik maupun psikosomatis akan mempengaruhi kulit. Inilah juga alasan kulit mudah mengalami peradangan atau mudah breakout.

"Kalau kulit badan enggak enak tiba-tiba jerawatan gede-gede, merah-merah padahal di situasi lain kita tidak punya jerawat, hanya komedo saja. Itu salah satu ciri kulit lagi mengalami stres," tutup Margaretha. (dru)

Baca juga:

Hambat Penuaan Dini dengan Treatment Peremajaan Kulit Wajah

#Tips Kecantikan #Kulit Wajah
Bagikan
Bagikan