Penyebab Bau di Bagian Tubuhmu Bbau badan bisa disebabkan banyak faktor (Foto: Pixabay/janeb13)

SETIAP manusia pasti mengeluarkan bau tubuh yang khas. Hal itu muncul ketika bakteri yang bertahan di kulit memecah keringat menjadi asam. Biasanya bau badan terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti kaki, pusar, rambut kemaluan, ketiak, selangkangan, anus, alat kelamin dan telapak tangan.

Dilansir dari Boldsky, menyengat atau tidaknya bau badanmu tergantung pola makan, jenis kelamin, masalah kesehatan dan obat-obatan. Nah, yang cukup menarik, ternyata bau badan kamu dapat berbicara banyak tentang kesehatanmu secara keseluruhan. Penasaran apa saja itu?

Baca juga:

Jaga Kakimu Penderita Diabetes!

1. Urin berbau kuat

Urin berbau kuat (Foto: Boldsky)
Urin berbau kuat (Foto: Boldsky)

Jika vagina dan air seni kamu mengeluarkan bau yang kuat, amis, dan asam, itu ialah tanda penyakit menular seksual yang disebut klamidia. Bisa juga terjadi karena infeksi saluran kemih (ISK). Menurut sebuah penelitian klamidia dan infeksi saluran kemih menyebabkan bau urin yang kuat dan berbau busuk.

2. Bau mulut

Bau mulut (Foto: Boldsky)
Bau mulut (Foto: Boldsky)


Bau mulut adalah gejala naiknya asam lambung yang terjadi ketika asam lambung mengalir mundur ke kerongkongan. Selain berbau, kamu juga akan merasakan sensasi terbakar di dada. Bau mulut dapat dikontrol segera setelah kamu mengelola refluks asam.

Baca juga:

Hati-hati, Makanan dan Minuman Bikin Kamu Jadi Pelupa


3. Hidung berbau

Hidung berbau (Foto: Boldsky)
Hidung berbau (Foto: Boldsky)


Hidung berbau busuk dapat terjadi karena sejumlah kondisi kesehatan seperti polip hidung, tetesan postnasal, masalah gigi, dan infeksi sinus yang parah. Terkadang, jika kamu memiliki rongga yang buruk, hidung kamu juga dapat berbau tidak enak karena saluran hidung saling berhubungan dengan mulut dan tenggorokan.

4. Kaki yang bau

Bau kaki (Foto: Boldsky)
Bau kaki (Foto: Boldsky)

Kaki yang bau ialah tanda infeksi jamur. Efeknya kulit menjadi kemerahan, kapalan, gatal, kering dan bersisik di sekitar jari kaki atau di kaki. Jamur bertahan di jaringan mati kuku dan lapisan kulit luar kaki. Kaki yang bau juga bisa terjadi ketika kamu tidak menjaga kaki tetap bersih.

5. Keringat berbau

Bau keringat (Foto: Boldsky)
Bau keringat (Foto: Boldsky)

Bau keringat menyengat bisa terjadi karena makanan tertentu atau stres yang berlebihan. Mengkonsumsi makanan kaya sulfur tertentu seperti bawang putih, bawang merah, dan sayuran silangan langsung menyebabkan bau badan setelah tubuh mencerna makanan ini. Stres yang berlebihan juga menyebabkan keringat tubuh berbau busuk. Karena ketika kamu stres, kelenjar apokrin mengeluarkan cairan putih bercampur dengan bakteri di kulit.

Baca juga:

Jangan Sepelekan Hidangan Pencuci Mulut


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH