Penyebab Banjir di Jakarta Selatan

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 19 Januari 2020
Penyebab Banjir di Jakarta Selatan
Seorang warga melintasi banjir di Jalan Pondok Jaya, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). (ANTARA/Laily Rahmawaty)

MerahPutih.com - Sampah menjadi salah satu penyebab genangan saat hujan mengguyur wilayah DKI Jakarta Selatan sejak Jumat (17/1) malam hingga Sabtu (18/1) pagi.

"Sampah salah satunya, saat petugas melakukan pembersihan masih ditemukan banyak sampah di saluran air," kata Kepala Seksi Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Jakarta Selatan, Junjung di Jakarta, Minggu (19/1)

Baca Juga

Banjir Besar di Jakarta Utara Terjadi Akibat Luapan Sumur Warga yang Bocor

Beberapa lokasi genangan yang banyak ditemukan sampah, antara lain, kolong Jembatan Semanggi, Jalan Gatot Subroto depan Balai Kartini dan depan Dinas Pendidikan di Setiabudi.

Selain sampah, genangan juga disebabkan kontur wilayah yang lebih rendah sehingga saat hujan dengan curah tinggi mudah terjadi genangan.

"Ada juga karena luapan, luapan saluran PHB (penghubung), ke arah Kali Grogol, di kali ada penyempitan, jadi mudah meluap," kata Junjung dilansir Antara

Seorang warga melintasi banjir di Jalan Pondok Jaya, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Rabu (1/1/2020). (ANTARA/Laily Rahmawaty)
Seorang anak melintas saat terjadi banjir di Kelurahan Gunung, Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (18/1/2020). Banjir setinggi 30-60 cm itu akibat meluapnya Kali Grogol. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/hp;

Untuk mengatasi genangan, lanjut Junjung, pasukan biru turun langsung ke lapangan membersihkan sampah-sampah, pembersihan tali dan mulut air serta mengoperasikan pompa portabel dan pompa situasional.

Hujan lebat yang turun sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi menimbulkan genangan di sejumlah titik di antaranya di Jalan Gatot Subroto depan Balai Kartini, depan Dinas Pendidikan Setiabudi, Jalan Hang Lekir di Kebayoran Lama, Semanggi depan Kampus Atmajaya dan kolong Semanggi.

Lalu di Kemandoran Plus dan Perumahan Loka Permai, Gandaria Selatan. Genangan merendam permukaan jalan dengan ketinggian antara 15 centimeter (cm) hingga selutut orang dewasa.

Baca Juga

Jakarta 'Tergenang' Lagi, Anies Dianggap Tak Miliki Manajerial yang Baik

Guna mencegah genangan, Kasudin SDA Jakarta Selatan, Mustajab bersama pasukan biru melakukan kerja bakti di Kecamatan Jagakarsa, tepatnya di PHB Babakan Atas Segmen Gang Family RT 11/RW 09 Kelurahan Srengseng, Kecamatan Jagakarsa. (*)

#Banjir Jakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan