Penyebab 9.311 Pelamar Tidak Lolos CPNS DKI

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 17 Desember 2019
Penyebab 9.311 Pelamar Tidak Lolos CPNS DKI
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (DKI) Jakarta, Chaidir (ANTARA/Laily Rahmawati)

MerahPutih.com - Sebanyak 9.311 pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta 2019 tidak lolos seleksi administrasi. Penyebabnya adalah salah kamar atau salah memilih formasi.

"Salah formasi, salah satu yang paling banyak, STR (surat tanda registrasi) profesinya, kebanyakan salah kamar memang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir di Balai Kota, Selasa (17/12)

Baca Juga

Komisi A Desak BKD DKI Segera Kaji Penambahan Anggaran CPNS

Pelamar CPNS DKI Jakarta 2019 tercatat 50.528 pelamar, peserta yang dinyatakan lolos administrasi dan memenuhi syarat sebanyak 41.217 orang, sisanya 9.311 tidak lolos.

Pemprov DKI Jakarta membuka 3.380 formasi CPNS meliputi tiga bidang yakni tenaga kesehatan, tenaga pengajar/guru dan tenaga teknis maupun administrasi.

Tes CPNS. Foto: Setkab.go.id

Chaidir mengatakan, Pemprov DKI Jakarta membuka sanggahan bagi pelamar yang tidak lolos untuk mengajukan sanggahannya selama tujuh hari ke depan.

"Nanti sanggahan itu kita sampaikan ke Panselnas, kita liat kalau terbukti posisi pelamar sudah benar, akan ada pengumuman lebih lanjut," ujarnya dilansir Antara

Baca Juga

18.876 Orang Melamar CPNS DKI, Ini Formasi yang Paling Banyak Diminati

Setelah pengumuman seleksi administrasi CPNS 2019 diumumkan selanjutnya para peserta akan melaksanakan tes kompetensi dasar, lalu pengumuman berapa yang lolos. Selanjutnya, peserta yang lolos akan menjalani seleksi kompetisi dasar, untuk mendapatkan 3.390 CPNS sesuai formasi yang tersedia.

"Panselnas menginformasikan tes selanjutnya dilaksanakan pada triwulan pertama 2020 antara Februari dan Maret," ucapnya

Seleksi kompetisi dasar akan dan seleksi selanjutnya akan dilaksanakan di tiga lokasi yakni Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Baca Juga

Mau Jadi Anak Buah Anies? Pemprov DKI Buka 3.958 Lowongan CPNS

"Karena jumlah CPNS DKI ada 41 ribu, kita mengambil tiga lokasi wilayah Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan. Seleksi dilaksanakan di kantor wali kota," pungkasnya. (*)

#Penerimaan CPNS #Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan