Penyakit Ini Sering Dialami Orang Berpuasa Tubuh akan kaget dengan pola makan yang berubah drastis (Foto: healthykidsandfamilies)

SAAT berpuasa umat muslim diharuskan menahan lapar dan haus lebih kurang selama 12 jam. Waktu berpuasa dimulai sejak subuh hingga datangnya malam (magrib). Para pakar kesehatan memang menyebut puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Intinya puasa justru bikin kamu sehat.

Namun, tidak jarang juga orang berpuasa terserang penyakit. Hal ini lantaran banyak yang 'kaget' saat harus merubah pola waktu makan. Ada pula yang dikarenakan 'balas dendam' saat berbuka puasa. Semua makanan disantap dalam jumlah porsi yang amat banyak.

Berikut beberapa jenis penyakit yang kerap diderita orang berpuasa menurut laman Go-Dok.

1. Maag

(Foto: everydayhealth)

Penyakit maag merupakan penyakit paling umum diderita orang bepuasa. Terlebih bagi penderita asam lambung. Maag menyerang organ lambung yang menyebabkan luka terhadap lapisan tersebut. Maag terjadi karena kamu telat makan dan mengonsumsi makanan pedas. Serta sistem pencernaan kamu belum beradaptasi dengan pola waktu makan yang berubah tiba-tiba.

Untuk menghindari penyakit maag saat berpuasa jangan pernah tinggalkan sahur. Ditambah hindari makanan pedas saat sahur dan berbuka. Kamu juga harus mengatur asupan makan secara perlahan saat berbuka. Caranya dengan makan tiga butir kurma dan segelas air saat berbuka. Lalu lanjut dengan makanan besar setelah selesai sholat magrib.

2. Dehidrasi

(Foto: Pixabay/stevepb)

Dehidrasi terjadi pada awal-awal ramadan tiba. Penyebabnya lagi-lagi karena tubuh belum siap dengan asupan cairan yang berkurang. Kamu hanya sekadar meminum beberapa gelas saat sahur dan berbuka. Minuman manis lebih kamu pilih dibandingkan air putih. Belum lagi kamu kurang mengonsumsi buah-buahan.

Solusinya mudah kok. Tetaplah teratur mengonsumsi air putih saat bulan puasa. Minum delapan gelas perhari. Kamu bisa membaginya dengan meminum air saat sahur dan juga berbuka. Jangan lupakan juga mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air. Tubuh kamu pun tidak akan kekurangan cairan sepanjang hari.

3. Mulas-mulas

(Foto: lethow)

Kamu juga bisa mulas-mulas saat menjalani ibadah puasa. Hal ini disebabkan kurangnya asupan makanan di waktu-waktu kamu makan di siang hari. Secara otomatis makan di siang hari mengurangi produksi asam lambung yang bertugas mencerna makanan dan menghancurkan bakteri.

Namun, mencium aroma makanan saat berpuasa saja juga bisa memproduksi asam lambung. Sebab otak memberitahukan ke tubuh bahwa makanan telah datang. Hal inilah yang menyebabkan kamu sering mulas-mulas saat berpuasa. Tapi kamu tidak perlu khawatir. Penyakit ini akan hilang sendirinya seiring berjalannya kebiasaan berpuasa di bulan ramadan. Dalam hal ini tubuh akan beradaptasi dengan pola makan kamu.

4. Konstipasi

(Foto: Pexels/Hafidz Alifuddin)

Kamu mungkin mulas-mulas, tapi puasa tidak jarang menyebabkan kamu konstipasi. Pasalnya sistem pencernaan belum beradaptasi dengan pola makan kamu selama ramadan. Kaitan konstipasi adalah dengan dehidrasi. Kurangnya serat dan cairan dalam jumlah cukup menyebabkan kamu menderita konstipasi. Ditambah, bagi kamu yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak saat berbuka, masalah konstipasi akan muncul. Karena itu jangan lupa kosumsi banyak serat dan cairan ya.

5. Insomnia

(Foto: Pexels/Gratisography)

Perubahan pola makan tidak menutup kemungkinan membuat kamu stres. Dampaknya ialah terhadap pola tidur kamu. Berbeda pada bulan biasa. Pada siang hari di bulan ramadan kamu sering mengantuk dan rasanya selalu ingin tidur. Sementara saat berbuka kamu merasa lebih berenergi dan terjaga sepanjang malam bahkan hingga menjelang waktu sahur. Kamu harus bisa beradaptasi dengan pola hidup ini agar kamu tidak menderita insomnia.

6. Sakit kepala dan pusing

(Foto: organicfacts)

Kamu akan merasa lapar dan dehidrasi di siang hari. Terlebih kamu juga memiliki waktu tidur yang berkurang selama bulan puasa. Dampaknya kepala kamu bisa merasa pusing dan sakit kepala. Bagi perokok, ketiadaan asupan nikotin selama 12 jam setiap harinya juga dapat menimbulkan gejala ini. Tenang saja, penyakit ini hanya terjadi di awal-awal puasa. Biarkan tubuh kamu beradaptasi dengan kondisi tersebut.

7. Kembung dan begah

(Foto: mobilepopz)

Kembung dan begah menjadi penyakit yang juga bisa kamu alami di bulan ramadan ini. Tak bisa dimungkiri pasti kamu sering makan sedikit saat sahur, kelaparan di siang hari dan makan terlalu banyak saat berbuka. Terlalu banyak mengonsumsi makanan dalam sekali waktu membuat kadar gas dalam tubuh meningkat drastis, selanjutnya perut akan terasa begah. Cara mengatasinya kontrol keinginan makan kamu saat berbuka. Seimbangkan pula jumlah asupan saat sahur dan berbuka.

Sahabat Merah Putih, itulah penyakit yang bisa menyerang kamu saat berpuasa. Pada intinya puasa itu menyehatkan. Kamu hanya perlu beradaptasi dan menyayangi tubuh kamu sendiri dalam mengatur pola hidup kamu saat berpuasa. (Ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Menu Buka Puasa yang Selalu Bikin Kangen Ramadan

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH