Penyakit Berbahaya yang Disebabkan Diabetes Diabetes dapat membuka sakit lainnya. (Sumber: Pixabay/stevepb)

Diabetes adalah penyakit yang dipengaruhi bagaimana tubuh kamu mengolah gula darah atau glukosa. Penyakit yang terbagi mendaji 2 tipe ini terbilang berbahaya karena menjadi penyebab kematian terbesar ketiga di Indonesia.

Beberapa ciri umum penderita diabetes adalah haus berlebih, sering buang air kecil, penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, rasa lapar ekstrem, kelelahan, mudah marah, penglihatan kabur, dan infeksi gusi serta kulit.

Dilansir dari Boldsky, penyakit ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada tubuh. Apa saja itu?

1. Penyakit jantung

Penyakit jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)
Penyakit jantung (Sumber: Pixabay/Pexels)

Menurut sebuah penelitian, diabetes bisa dikaitkan dengan munculnya penyakit jantung koroner dan tekanan darah tinggi. Selain itu, kadar gula darah yang tinggi berkontribusi pada pembentukan timbunan lemak di dinding pembuluh darah.

2. Kerusakan ginjal

Kerusakan ginjal (Sumber: Pixabay/mohamed_hassan)
Kerusakan ginjal (Sumber: Pixabay/mohamed_hassan)

Diabetes memiliki kemampuan merusak ginjal dan mempengaruhi kinerjanya untuk menyaring produk-produk limbah dari darah, yang disebut sebagai neuropati diabetik. Guna mencegah kerusakan ginjal atau gagal ginjal, skrining nefropati harus dilakukan.

3. Hilangnya penglihatan

Hilangnya pengelihatan (Sumber: Pixabay/Skitterphoto)
Hilangnya pengelihatan (Sumber: Pixabay/Skitterphoto)

Diabetes menyebabkan retinopati diabetik yakni kerusakan pembuluh darah di bagian belakang mata (retina). Diabetes bisa menghilangkan penglihatan dan masalah mata lainnya seperti katarak dan glaukoma.

4. Kerusakan saraf

Kerusakan saraf (Sumber: Pixabay/sbtlneet)
Kerusakan saraf (Sumber: Pixabay/sbtlneet)

Peningkatan kadar gula darah bisa merusak saraf. Pada akhirnya meningkatkan risiko terkena infeksi atau borok di kaki. Ada 3 jenis kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes, neuropati diabetik perifer, neuropati otonom dan amyotrophy diabetik.

5. Masalah gusi

Masalah gusi (Sumber: SmartMouth)
Masalah gusi (Sumber: SmartMouth)

Diabetes juga membuat kamu bisa menghadapi masalah gusi seperti gusi merah, bengkak atau mudah berdarah. Hal itu karena diabetes bisa menebalkan pembuluh darah, yang memperlambat aliran nutrisi. Ia juga bisa melemahkan gusi dan jaringan tulang.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH