Penutupan First Travel Disebut karena Persekongkolan Bisnis Warga mengantre untuk mengurus refund di Kantor First Travel, Jakarta Selatan, Rabu (26/7). (ANTARA/Sigid Kurniawan)

MerahPutih.Com - Kuasa Hukum PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel, Eggy Sudjana menuding ada persekongkolan bisnis di balik penutupan dan pencabutan izin travel umrah yang dikelola kliennya.

Pasalnya, ada sejumlah kejanggalan terhadap kasus yang sedang ditanganinya.

"Saya menduga ini ada bisnis terselubung. Dugaannya ada empat associate yang mengucilkan saya punya klien. Ada persaingan bisnis. Dan mereka berkonspirasi dengan Kemenag," katanya kepada awak media saat mendatangi Bareskrim Polri, Gambir Jakarta Pusat, Jumat (11/8).

Ia menyebut persoalan paling serius adalah terkait SK Menteri yang mencabut izin operasi travel umrah First Travel.

"Persoalan seriusnya dengan dikeluarkannya SK Menteri yang memberhentikan atau dicabut ijinnya. Tapi anehnya, dalam SK itu diberi kesempatan klien saya menyanggah dalam waktu dua minggu," terangnya.

Artinya, sambung dia, belum ada kepastian terkait status yang dihadapi kliennya. Terkait hal itu, ia juga mempertanyakan penahanan kliennya yang dinilai tidak tepat.

"Sederhananya, klien kami mampu menyelenggarakan umroh dan haji selama bertahun-tahun. Tidak ada masalah. Fine-fine aja. Dari sisi itu, yang lain melihat, 'kok FT bisa, kita nggak," tandasnya. (Fdi)

Baca juga berita sebelumnya terkait First Travel di: Kuasa Hukum Pertanyakan Penahanan dan Penutupan First Travel


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH