Penundaan Penerbangan Bukan hanya Faktor Cuaca Alasan tak umum pesawat ditunda penerbangannya. (Foto: Pexels/Maria Tyutina)

BUAT kamu yang terbiasa menggunakan pesawat terbang untuk bepergian, sudah tidak asing dengan masalah penundaan. Umumnya penundaan terjadi karena faktor cuaca atau teknis. Namun, bagaimana jika ternyata alasan penerbanganmu ditunda justru karena sesuatu tidak lazim terjadi?

Kondisi ini dikenal dengan extraordinary circumstances, yakni penundaan yang tidak umum terjadi diduga terjadi sehingga penerbangan ditunda. Jika ini terjadi, para awak kabin tidak bisa menanganinya karena berada di luar kendali mereka. Contohnya seperti cuaca buruk atau permasalahan pada Air Traffic Controller (ATC). Dirangkum dari laman Air Help, berikut lima alasan unik yang bikin penerbanganmu ditunda.

Baca Juga:

Hati-Hati Terbang dari Bandara Yogyakarta


1. Kura-kura menyebrang

kura-kura
Kura-kura di landasan pacu menyebabkan penundaan penerbangan. (Foto: First State Update)

Landasan pacu 4L di Bandara John F. Kennedy terletak pada rute migrasi kura-kura. Jadi, setiap tahun lebih tepatnya pada bulan Juni dan Juli, ada sekitar 400 kura-kura yang melintasi landasan pacu pesawat. Mereka akan melintasi landasan untuk pergi ke pantai berpasir agar bisa bertelur. Meskipun pihak bandara tidak dapat mengonfirmasi apakah ada pesawat yang menabrak kura-kura tersebut, Kepala Biolog satwa liar Port Authoriy, Laura Francoeur, mengatakan apa pun bisa menjadi bahaya bagi pesawat, bahkan penyu sekalipun.


2. Kekurangan kertas toilet

toilet
Gara-gara toilet paper penerbangan terpaksa ditunda. (Foto: Pixabay/kropekk_pl)

Kejadian ini dialami maskapai penerbangan British Airways yang pernah menjadi berita utama pada Maret 2017. Karena kekurangan kertas toilet, penerbangan ini harus ditunda selama lima jam. Penumpang yang sudah naik kemudian diturunkan agar pesawat bisa diisi dengan barang-barang lainnya seperti headphone dan toilet roll yang sangat penting. Mungkin terdengar sepele, namun hal ini sudah menjadi tanggung jawab maskapai untuk memastikan pesawat mereka selalu siap setiap waktu.

3. Serangan lebah

lebah
Ribuan lebah memenuhi sayap kanan pesawat. (Foto: Yahoo! News Australia)

Penyebab yang satu ini justru terjadi di Indonesia tepatnya di Bandara Internasional Kualanamu, Sumatera Utara pada tahun 2017. Penerbangan itu terpaksa ditunda selama 90 menit karena bagian sayap kanan pesawat dipenuhi ribuan lebah. Melihat kejadian ini, beberapa unit Dinas Pemadam dikerahkan untuk membersihkan seluruh lebah dari sayap pesawat.


Baca Juga:

Tips Anti 'Norak' Saat Pertama Kali Naik Pesawat Terbang

4. Harus ada cemilan

cemilan
pesawat-(Foto 4) Kachori, cemilan khas India yang pedas. (Foto: Veg Recipes of India)


Peristiwa penundaan penerbangan ini terjadi di India ketika seorang pilot dari maskapai Air India bernama Kapten Smriti Trehan tidak mau mengikuti jadwal terbang penggantinya demi cemilan bernama kachori. Ketika ia mendapatkan kachori, barulah ia melanjutkan untuk menerbangkan kembali pesawatnya ke Delhi. Karena kejadian ini, penerbangan dari Mumbai ke Delhi sempat tertunda selama satu jam.


5. Kacang macadamia

kacang
Kacang macadamia yang menjadi skandal. (Foto: Nuts)

Suatu ketika, putri CEO Korean Air, Heather Cho Tau membuat tingkah laku tidak wajar yang kemudian disebut dengan nut rage incident. Ketika itu, awak kabin menyajikan kacang macadamia kepada Heather dalam bentuk plastik aslinya tanpa menggunakan piring. Ia pun marah dan menyuruh sang awak kabin serta sang kapten pesawat untuk berlutut dan meminta maaf kepadanya. Akibatnya, penerbangan dari Bandara John F. Kennedy menuju Bandara Incheon di Korea Selatan tertunda 20 menit. Kabarnya, Heather terpaksa menjalani hukuman lima tahun penjara dan mundur dari jabatannya. (And)


Baca Juga:

Toyota Hadirkan 'Sapu Terbang' ala Harry Potter, Intip Kecanggihannya


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH