Penuhi Kebutuhan Bahan Bakar Minyak untuk Menjaga Kinerja Mesin

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 28 Januari 2022
Penuhi Kebutuhan Bahan Bakar Minyak untuk Menjaga Kinerja Mesin
BBM dapat memengaruhi kinerja mesin. (Foto: Unsplash/Wassim Chouak)

PENGGUNAAN bahan bakar minyak (BBM) yang tepat untuk mobil dapat menjaga mesin kendaraan bekerja secara optimal, serta mempertahankan keawetan komponennya. Sebaliknya, menggunakan BBM yang tidak sesuai kebutuhan dalam jangka waktu panjang bisa membuat proses pembakaran tidak sempurna dan berpotensi meningkatkan emisi gas buang yang dihasilkan mobil.

Menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), penggunaan BBM yang sesuai dengan research octane number (RON) akan menghasilkan pembakaran yang baik di ruang mesin. Maka dari itu, pihaknya mengimbau agar pengendara menggunakan BBM dengan oktan tinggi atau sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

Buat kamu yang menggunakan mobil-mobil Suzuki, ada beberapa jenis BBM yang bisa digunakan. Yang pertama adalah bahan bakar oktan 90. BBM yang memiliki oktan 90 dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 9:1 hingga 10:1. Kualitas yang dimiliki tergolong cukup baik untuk keperluaan sehari-hari, dan sebagai kelebihannya BBM oktan 90 memiliki harga jual yang paling terjangkau. BBM oktan 90 dapat memenuhi kebutuhan mobil seperti New Carry Pick Up dan APV.

Baca juga:

TNI AU Temukan Tumpahan Minyak Diduga Bahan Bakar Sriwijaya Air Jatuh

Penuhi Kebutuhan Bahan Bakar Minyak untuk Menjaga Kinerja Mesin
Ada beberapa jenis BBM yang bisa kamu sesuaikan dengan mobilmu. (Foto: Unsplash/Nick Jones)

Yang kedua ada bahan bakar oktan 92 yang kualitasnya lebih unggul dibandingkan oktan 90. Kadar oktan 92 dapat membuat proses pembakaran mesin jadi lebih sempurna serta memiliki kemampuan untuk membantu membersihkan residu karbon pembakaran di dalam mesin. Sehingga hal ini membuat performa mesin lebih baik, awet, dan konsumsi bahan bakar lebih efisien.

BBM jenis ini dapat digunakan untuk kendaraan dengan rasio kompresi mesin 10:1 hingga 11:1, seperti memenuhi kebutuhan mobil MPV All New Ertiga dan “The Extraordinary SUV” seperti XL7.

Baca juga:

Pasokan Bahan Bakar Dijamin Tak Terganggu Pasca-kebakaran Kilang Minyak Cilacap

Penuhi Kebutuhan Bahan Bakar Minyak untuk Menjaga Kinerja Mesin
Penggunaan BBM harus sesuai dengan research octane number (RON). (Foto: Unsplash/Erik Mclean)

Di atasnya ada bahan bakar oktan 95 yang dapat digunakan untuk mesin dengan rasio kompresi lebih tinggi seperti 11:1 hingga 12:1. BBM dengan oktan 95 memiliki kemampuan mengurangi endapan residu karbon dengan lebih baik, sehingga mampu mendorong kinerja mesin mendapatkan performa lebih tinggi dan mengurangi gesekan guna memperkecil energi yang terbuang. Keuntungannya dapat mengurangi keausan komponen mesin. Seiring dengan kualitasnya, BBM oktan 95 memiliki banderol harga yang lebih tinggi.

Dan yang terakhir adalah bahan bakar oktan 98. Bahan bakar yang dikembangkan dengan teknologi mutakhir ini memiliki oktan yang sangat tinggi yaitu RON 98, sesuai dengan kebutuhan mesin mobil performa tinggi yang menuntut pembakaran lebih sempurna.

Kemampuannya dalam memberikan efisiensi dan perlindungan komponen mesin sangat dibutuhkan oleh mesin dengan spesifikasi kompresi tinggi yaitu hingga 13:1. Harganya pun terpaut jauh jika dibandingkan jenis BBM lainnya. (and)

Baca juga:

12 Tangki Bahan Bakar di Wilayah Indonesia Timur Segera Beroperasi

#Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan