Film

Penuh Kontroversi, Film ‘House of Gucci’ akan Dituntut

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Jumat, 03 Desember 2021
Penuh Kontroversi, Film ‘House of Gucci’ akan Dituntut
Para pemeran di film House of Gucci. (Foto: PORA News)

FILM House of Gucci yang rilis beberapa waktu lalu ternyata menuai kontroversi dari keluarga besar Gucci. Pewaris rumah mode fesyen tersebut mengisyaratkan kemungkinan menempuh jalur hukum.

“Keluarga Gucci berhak untuk mengambil setiap inisiatif (yang diperlukan) untuk melindungi nama dan citra mereka dan orang-orang yang mereka cintai,” kata mantan pemimpin Gucci, Aldo Gucci mengutip laman The Hollywood Reporter, Selasa (30/11).

Dalam sebuah pernyataan yang dikutip secara luas di media Italia, keluarga Gucci mengklaim sutradara Ridley Scott dan produser House of Gucci tidak pernah konsultasi dengan ahli waris Gucci.

Baca juga:

‘House of Gucci’ Siap Tayang November

Film ‘House of Gucci’ akan Dibawa ke Jalur Hukum?
Aldo Gucci. (Foto: ELLE Australia)


Drama ini dibintangi oleh Lady Gaga (Patrizia Reggiani), Adam Driver (Maurizio Gucci), Jared Leto (Paolo Gucci), hingga Al Pacino (Aldo Gucci). Patrizia Reggiani merupakan seorang sosialita Italia yang dihukum karena menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh mantan suaminya, Maurizio Gucci. Ia pun dipenjara selama 18 tahun.

Keluarga Gucci sangat tersinggung dengan penggambaran Scott tentang Regiani di House of Gucci sebagai korban.

Pernyataan keluarga itu ‘membingungkan’, bahwa seorang perempuan yang dihukum karena menghasut pembunuhan mantan suaminya akan digambarkan sebagai ‘korban yang mencoba bertahan dalam budaya perusahaan laki-laki’.

Disebutkan bahwa selama 70 tahun Gucci berdiri sebagai sebuah perusahaan keluarga, bisnis ini diklaim inklusif.

Baca juga:

Lady Gaga dan Adam Driver Foto Bareng untuk 'House of Gucci'

“Pada 1980-an, periode yang digambarkan dalam film ini, banyak perempuan yang memegang posisi penting di Gucci, termasuk Presiden Gucci Amerika, Kepala Humas & Komunikasi Global, dan anggota dewan direksi Gucci Amerika,” kata perwakilan rumah mode.

Ini bukan pertama kalinya keluarga Gucci mengkritik House of Gucci. Beberapa bulan yang lalu, Patrizia Gucci, putri Aldo Gucci, mengkritik Ridley Scott karena mencuri identitas keluarga demi keuntungan pendapatan sistem Hollywood. Scott pun menepis kritik tersebut.

“Saya tidak terlibat dengan itu. Kamu harus ingat bahwa, satu, Gucci terbunuh dan yang lainnya masuk penjara karena penggelapan pajak sehingga kamu tidak dapat berbicara dengan saya tentang menghasilkan keuntungan. Segera setelah kamu melakukannya, kamu menjadi bagian dari domain publik,” kata Scott.

House of Gucci mendapat keuntungan sebesar USD 21,8 juta atau sekitar Rp 313 miliar selama lima hari penayangannya. Ini merupakan rekor jumlah drama dewasa di era pandemi COVID-19. Film ini juga diharapkan menjadi pesaing di musim penghargaan tahun depan. (and)

Baca juga:

Vila ‘House of Gucci’ Siap Disewa untuk Umum

#Film #Lady Gaga #Gucci
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan