Film

Penuh Kekerasan, 'The Batman' Kantongi Rating PG-13

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 12 Januari 2022
Penuh Kekerasan, 'The Batman' Kantongi Rating PG-13
Batman berkelahi dengan sadis. (Foto: Variety)

BATMAN (Robert Pattinson) memukuli penjahat yang mengenakan tata rias seperti badut. Sebelum memukulinya, Batman juga mematahkan lengan sang penjahat. Setelah penjahat tersebut terkapar, Batman masih tetap memukulinya hingga berkali-kali tanpa ampun.

Adegan brutal dan penuh kekerasan tersebut bisa kamu lihat di salah satu trailer The Batman. Tidak mengherankan, karena adanya konten tersebut pada akhirnya The Batman karya Matt Reeves mengantongi rating 'PG-13' dari MPAA.

Baca Juga:

Catwoman Muncul di Trailer Baru 'The Batman'

"konten kekerasan dan mengganggu yang kuat, konten narkoba, bahasa yang kasar, dan beberapa materi sugestif," demikian keterangan yang diberikan situs filmratings.com mengenai alasan diberikannya rating 'PG-13' untuk The Batman.

The Riddler. (Foto: MovieWeb)

Seperti diberitakan Screenrant, awalnya The Batman ingin diberikan rating 'R' (Restricted). Rating 'R' berarti mengandung materi dewasa, dan minimal hanya boleh ditonton oleh remaja berusia 17 tahun. Sementara 'PG-13', memang mengandung kekerasan namun masih layak disaksikan oleh anak berusia 13 tahun.

The Batman tampaknya tidak cukup kejam untuk mendapatkan peringkat 'R'. Meskipun demikian, film ini masih memiliki batas-batas peringkat 'PG-13'. The Batman juga akan berfokus kepada seorang pembunuh berantai seperti The Riddler, sehingga rating 'PG-13' sangat cocok untuk film ini.

Baca Juga:

Terungkap, Detail Unik dalam Film 'The Batman'

Warner Bros agaknya memang tidak mau The Batman mendapatkan rating 'R'. Sebab, Warner Bros tetap ingin merangkul banyak penonton untuk The Batman walaupun ada banyak adegan aksi yang sadis. Sebelumnya, Warner Bros sukses dengan film Joker yang diberikan rating 'R'.

Mempertahankan peringkat 'PG-13' dari film Batman sebelumnya tampaknya merupakan situasi yang saling menguntungkan bagi Warner Bros. Dengan melakukan hal itu, film ini tetap dapat menawarkan banyak aksi dan kekerasan tanpa kehilangan calon penonton.

Beberapa film Batman lainnya dengan rating 'PG-13' di antaranya Batman (1989) dan Batman Returns (1992) karya Tim Burton. Demikian juga, Batman Forever (1995) karya Joel Schumacher dan Batman & Robin (1997) juga menerima rating 'PG-13'.

Batman trilogi karya Christopher Nolan meskipun digambarkan lebih 'gelap' juga tetap memiliki rating 'PG-13', yakni Batman Begins (2005), The Dark Knight (2008), dan The Dark Knight Rises (2012). The Batman akan tayang 4 Maret 2022. (ikh)

Baca Juga:

The Riddler Bisa Jadi Anti-Hero di Film The Batman

#Selebritas #Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan