Penuh Inspirasi, 3 Film ini Angkat Tema Kartini Kisah hidup dan perjuangan Kartini telah menginspirasi sineas Indonesia. (foto: IMDB)

INSPIRASI untuk sebuah film bisa datang dari mana saja, termasuk kisah kepahlawanan. Meskipun tidak heroik dan mengangkat senjata, kisah perjuangan pahlawan Indonesia, RA Kartini menarik ditampilkan dalam film.

Sejumlah sineas Tanah Air telah memfilmkan sepak terjang Kartini dalam mebangkitkan gerakan kesetaraan perempuan. Nah, di Hari Kartini ini, enggak ada salahnya kamu menengok lagi kisah hidup pahlawan perempuan ini lewat 3 film berikut:


1. RA Kartini karya Sjumandjaja

Aktris Yenny Rachman memerankan karakter Kartini di film produksi 1982 ini. Sang sutradara, Sjumandjaja membangun plot kisah berdasarkan buku Biografi Kartini karya Sitisoemandari Soeroto.

Seperti layaknya biografi, kisahnya bekisar latar belakang keluarga Kartini, kehidupan masa kecilnya, masa dipingit, hingga wafat di usia 25 tahun.

Selain Yenny Rachman, film ini juga dibintangi Bambang Hermanto dan Adi Kurdi.


2. Surat Cinta Untuk Kartini karya Azhar Lubis

Dengan mengambil sudut pandang seorang tukang pos, film ini menampilkan Kartini dalam sisi yang berbeda. Aktor Chicco Jerikho memerankan karakter tukang pos bernama Sarwadi. Saat baru pindah dari Semarang, Sarwadi mendapat tugas mengantarkan surat kepada Kartini, yang diperankan Rania Putrisari.

Saat melihat pembawaan Kartini yang ayu dan peduli rakyat kecil, Sarwadi langsung jatuh hati. Namun, orang-orang di sekitarnya mengatakan bahwa Kartini ialah perempuan aneh. Hal itu disebabkan keinginan Kartini untuk mendobrak tradisi dan mendirikan sekolah untuk perempuan.

Duda beranak satu itu pun makin kagum hingga mengajak anaknya, Ningrum, untuk bersekolah di sekolah Kartini. Sayangnya, cinta Sarwadi tak berbalas karena Kartini menerima lamaran Bupati Rembang.

Kisah yang diangkat dalam film ini ialah fiksi yang mengambil latar belakang sejarah.

3. Kartini karya Hanung Bramantyo

Ditulis oleh Hanung Bramantyo dan Bagus Bramanti, film ini mengisahkan perjuangan Kartini menghadirkan kesetaraan bagi para perempuan.

Dian Sastrowardoyo memerankan Kartini yang lembut dan kalem. Namun, di saat yang sama, ia juga punya ambisi besar untuk kaumnya. Kartini berjuang sepanjang hidupnya untuk memperjuangkan kesetaraan hak bagi semua orang, dan hak pendidikan bagi semua orang, terutama untuk perempuan.

Bersama dua saudarinya, Roekmini dan Kardinah, Kartini membuat sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan kerja untuk rakyat di Jepara dan sekitarnya.

Film Kartini menampilkan perjalanan penuh emosi dari sosok Kartini yang harus melawan tradisi yang dianggap sakral bahkan menentang keluarganya sendiri untuk memperjuangkan kesetaraan hak untuk semua orang di Indonesia.

Selain Dian Sastrowardoyo, film ini dibintangi juga oleh Christine Hakim, Acha Septriasa, Ayushita, Reza Rahadian, dan Adinia Wirasti.(dwi)

Kredit : dwi

Tags Artikel Ini

Dwi Astarini