Teknologi
Pentingnya Sinergi Pemerintah dan Industri Musik untuk Dorong Teknologi Digital Sinergi Pemerintah dan Industri Musik sangat penting (Foto: dok. resso)

ADOPSI teknologi digital menjadi sebuah keniscayaan, seperti yang saat ini jelas terlihat serta dirasakan oleh generasi Millenials dan Gen X, dalam cara mereka mengakses musik.

Pada awalnya, di era analog, akses mendengarkan musik dimungkinkan melalui medium yang berwujud fisik. Seperti piringan hitam, kaset serta compact disc.

Baca Juga:

Ubud Folkfest Siap Bergulir, Tampilkan Pertunjukan Musik hingga Budaya

Cara tersebut kemudian berubah secara perlahan di era Internet of Things (IOT), di mana musik mulai bisa diakses secara digital melalui komputer, baik audio maupun audio-visual, hingga akhirnya sekarang musik bisa dinikmati melalui streaming secara digital.

Mengenai pemanfaatkan teknologi digital, Resso, aplikasi streaming musik sosial, kembali menggelar 'Breakfast with Resso' (BwR) seri ke-6 dengan topik diskusi Bagaimana Pelaku Industri Musik dapat Secara Optimal Memanfaatkan Teknologi Digital bagi Kemajuan Industri Musik.

Sinergi Pemerintah dan Industri Musik sangat penting untuk dorong teknologi digital (Foto: pixabay/sammy sander)

Peserta BwR yang digelar saat tiga bulan sekali, datang dari beragam latar belakang, mewakili berbagai pemangku kepentingan dalam industri musik.

Peserta yang datang yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Republik Indonesia, Demajors Label, Reality Club band, media musik, SoundOn, TikTok, dan Resso sebagai tuan rumah. Diskusi tersebut dipandu oleh Wendi Putranto selaku pemerhati serta penulis musik.

Para peserta yang hadir dalam diskusi tersebut sepakat, bahwa perubahan yang terjadi akibat kemajuan teknologi digital, harus disikapi dengan bijak.

Para pelaku industri harus belajar serta memahami pemanfaatan teknologi digital untuk membuat musik, memproduksi, mempromosikan, mendistribusikan, serta menghasilkan uang dari karyanya. Karena itu, adaptasi harus dilakukan agar bisa terus bertahan hidup.

Pada diskusi tersebut, ditemukan bahwa pemanfaatan teknologi digital masih terbatas pada pelaku industri musik di kota-kota besar saja, khususnya di Jawa dan Bali.

Kesenjangan pengetahuan serta pemahaman tentang teknologi digital, keinginan untuk melakukan perubahan, dan minimnya infrastruktur digital, masih dirasakan di banyak wilayah Indonesia.

Chief Digital Officer Demajors Aldo Sianturi menjelaskan bahwa teknologi ada untuk mendukung dan memudahkan kebutuhan sehari-hari manusia. "Kehadiran berbagai platform digital tentunya harus dimanfaatkan secara optimal oleh musisi untuk menjangkau pendengar di Indonesia, Asia dan global," tuturnya.

Selain itu, tak bisa dimungkiri bahwa cara menikmati musik di era digital saat ini telah lumrah, tapi akan selalu ada musisi dan pendengar yang tetap memproduksi dan mengakses musik melalui cara-cara lama. Karena itu, diperlukan strategi yang tepat bagi musisi agar karyanya tersedia di semua market, baik secara fisik maupun digital.

Dari sisi generasi musisi milenial, Faiz Novascotia, penyanyi sekaligus penulis lagu dari grup Reality Club mengakui bahwa teknologi digital telah memudahkannya dalam membuat dan memproduksi lagu.

"Tentunya semua perkembangan teknologi hingga kini, masih banyak yang harus dipelajari, dilakukan, dan diadaptasi. Semakin banyak kolaborasi dalam ekosistem musik, akan semakin baik, karena kita semua ingin mencapai tujuan yang sama," tutur Faiz Novascotia.

Baca juga:

Pasha Chrisye Unjuk Gigi di Industri Musik Lewat Single Debut 'Bidadari'

Selain itu, Head of Operations TikTok Indonesia Mahwari Sadewa Jalutama menjelaskan bahwa TikTok saat ini tidak hanya menjadi tempat penemuan musik dan tren terbaru. Tapi juga menjadi platform musik dan tren lama menemukan hidup baru.

"Kekuatan kreator kami yang penuh kreativitas tanpa batas memungkinkan hal ini terjadi. Melalui sesi berbagi yang diadakan secara berkala, kami terus berupaya untuk mendorong para kreator mengekspresikan kreativitas mereka, termasuk dalam bermusik dengan menggunakan berbagai tools dan fitur yang tersedia di TikTok," ujar Mahwari.

teknologi digital memampukan orang untuk mengakses musik (Foto: pixabay/theglassdesk)

Kemudian, menurut Resso, teknologi digital memampukan orang untuk mengakses musik dengan lebih mudah dan inklusif

"Resso terus melakukan berbagai inisiatif seperti editorial, kurasi, dan katalog untuk membuat pengalaman menemukan musik menjadi lebih mudah, serta sangat terbuka untuk saran dan kolaborasi yang dapat memajukan industri ini bersama," Jelas Matthew Tanaya, Artist Promotions Lead Resso Indonesia.

Sementara dari sisi pemerintah, Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, Kementerian Pariwisata dan Kreatif Ekonomi Selliane Halia Ishak mengatakan Era digital memungkinkan semua hal menjadi transparan dan terukur melalui data analytic.

Pemerintah memiliki beberapa target terkait pertumbuhan ekonomi digital, tidak hanya dari kontribusi pendapatan saja atau nilai ekonominya, tetapi juga terkait pengembangan talenta digital dan terjadinya transformasi digital di pelaku UMKM.

"Untuk itu, kami sangat berharap mendapat masukan dari para pelaku industri, agar dapat berbagi pengetahuan serta berkolaborasi dengan pemerintah, guna mendukung program-program akselerasi digital di semua subsektor ekonomi kreatif khususnya musik," ujar Selliane. (ryn)

Baca juga:

Naura Sampaikan Rasa Sendu lewat Single 'Menikmati Sedih'

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Hajatan Java Jazz Festival 2022 Jadi Gudang Kolaborasi Musisi
ShowBiz
Hajatan Java Jazz Festival 2022 Jadi Gudang Kolaborasi Musisi

Java Jazz Festival 2022 digelar 27-29 Mei 2022.

Berikan Pemahaman dan Edukasi tentang Seksual pada Anak agar Terhindar dari Pelecehan Seksual
Fun
Berikan Pemahaman dan Edukasi tentang Seksual pada Anak agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

berikanlah edukasi sedini mungkin pada si kecil, untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual.

Setahun Berlalu, Keluarga Kabarkan Kematian 'Mr Sega'
Fun
Mengenal Gejala MIS-C Pada Anak Setelah Positif COVID-19
Fun
Mengenal Gejala MIS-C Pada Anak Setelah Positif COVID-19

Multisystem inflammatory syndrom in Children (MIS-C) merupakan kondisi medis saat bagian organ tubuh pada anak mengalami peradangan atau inflamasi

Aturan dan Manfaat Vaksinasi COVID-19 untuk Anak 6-11 Tahun
Fun
Aturan dan Manfaat Vaksinasi COVID-19 untuk Anak 6-11 Tahun

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun diharapkan bisa membantu pembentukan herd immunity.

Omicron Jadi Variant of Concern, ini Alasannya
Hiburan & Gaya Hidup
Semifinal IBC 2022 Berlanjut, Peserta Makin Kompetitif
Fun
Semifinal IBC 2022 Berlanjut, Peserta Makin Kompetitif

Para barista semakin kompetitif untuk memperebutkan gelar juara IBC di ICE 2022.

Honda Brio Slalom Challenge 2022 Segera Digelar
Fun
Honda Brio Slalom Challenge 2022 Segera Digelar

Event tersebut diselengarakan oleh PT Honda Prospect Motor yang bekerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI)

Game Nintendo Switch Terbaik di 2021, Sempat Main?
Fun
Game Nintendo Switch Terbaik di 2021, Sempat Main?

Konsol portabel Nintendo Switch punya penggemar yang cukup besar.