Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Lakukan Aktivitas Berat Pentingnya sarapan pagi sebelum memulai aktivitas setiap hari (Foto: MP/iel)

SEBAGIAN orang terkadang tidak biasa dengan sarapan pagi. Hal tersebut bisa disebabkan karena sarapan mungkin menimbulkan gejala seperti perut keram, mual, dan memicu seringnya buang air besar. Padahal, sangat penting sekali jika kita menyempatkan diri untuk sarapan pagi, sebagai sumber tambahan energi atau daya tahan tubuh, dan ini merupakan alasan mengapa sarapan sangat penting dalam memulai hari.

Mungkin sebahagian orang dewasa hanya mengkonsumsi vitamin atau suplemen penambah nafsu makan, dan segelas susu, mengganti jadwal sarapan pagi dengan jam makan siang. Sehingga sering kali orang dewasa terkena penyakit mag. Hal ini terjadi karena tubuh belum terisi energi atau bahan bakar dan langsung melakukan aktivitas yang berat, tubuh tidak lagi bisa mengolah nutrisi dari makanan yang telah dikonsumsi.

Baca juga:

Jangan Asal Sarapan, ini Panduan Sehatnya

Melansir laman alodokter, direkomendasikan untuk selalu menyempatkan diri menyantap sarapan setiap hari. Sebab sarapan pagi bisa memberikan beragam manfaat, terlebih kita akan melakukan aktivitas berat.

1. Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Lakukan Aktivitas Berat
Sarapan pagi tangkal penyakit (Foto: MP/iel)

Manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan pagi dapat mengurangi risiko terkena penyakit diabetes, jantung, dan mag. Dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari, kamu akan bisa terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

2. Lebih Fokus

Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Lakukan Aktivitas Berat
Sarapan pagi bikin fokus dan produktif (Foto: MP/iel)

Sarapan pagi juga bisa membuat kamu lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah, karena kamu sudah tidak perlu khawatir terhadap kondisi perut dan tidak lagi merasakan lapar.

Baca juga:

Sarapan Sehat, Begini Seharusnya

Jika kamu melewatkan sarapan pagi, kemungkinan besar berbagai kondisi akan terjadi termasuk menggangu daya pikir kamu, badan terasa letih, lesu, dan lunglai. Pikiranmu akan terfokus pada makanan, tidak lagi pada pekerjaan atau pelajaran yang sedang kamu lakukan.

3. Membantu menurunkan berat badan

Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Lakukan Aktivitas Berat
Sarapan pagi bantu turunkan berat badan (Foto: MP/iel)

Sarapan pagi dengan menu 4 sehat 5 sempurna juga dapat membantu menurunkan berat badan. Jangan takut badan membesar jika mengonsumsi makanan di pagi hari.

Karena Dengan sarapan pagi, kamu tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat terhindarkan.

Baca juga:

Menu Sarapan ini Ternyata Malah Bikin Gemuk

Ketika kamu melewatkan sarapan pagi, maka kamu akan lebih mudah untuk tergoda mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan tidak mengenyangkan. Untuk tujuan menurunkan berat badan, hindari mengonsumsi makanan berlebih di malam hari.

4. Meningkatkan mood

Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Lakukan Aktivitas Berat
Sarapan pagi yang baik membuat mood yang juga baik (Foto: MP/iel)

Mood bisa menjadi buruk seperti mudah kesal dan marah ketika kamu melewatkan sarapan pagi, karena mood atau suasana hati bisa di picu karena tubuh dan lambung yang belum terisi oleh makanan. Sehingga hal tersebut memicu emosi dan kesal yang tidak teratur.

Baca juga:

Tiga Rahasia Memiliki Menu Sarapan yang Sehat

Oleh kaerna itu agar ini tidak terjadi, biasakan sarapan pagi agar mood dan hari-hari dengan aktivitas berat yang kamu jalani menjadi lebih cerah dan awali dengan senyuman ya! (iel)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH