Kesehatan

Pentingnya Peregangan Saat Mengetik Dalam Waktu Lama

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 02 Juni 2021
Pentingnya Peregangan Saat Mengetik Dalam Waktu Lama
Jangan lupa melakukan peregangan bila kamu bekerja di depan komputer dalam waktu lama. (Foto: pixabay/pexels)

SEJUMLAH pekerjaan mengharuskan seseorang menghabiskan waktu yang cukup lama di depan laptop maupun komputer. Padahal, berlama-lama mengetik di depan komputer bisa menyebabkan rasa kaku hingga nyeri pada jari tangan.

Maka dari itu, jangan terus dipaksakan mengetik kalau jari tangan kamu sudah terasa tidak nyaman. Lakukan peregangan secara berkala dan teratur biar tak terasa nyeri.

Baca Juga:

Makan Siang di Kantor Sambil Kerja Buruk untuk Kesehatan

Lakukan peregangan setiap satu jam atau lebih cepat ketika bekerja dalam waktu lama di depan komputer. (Foto: pixabay/startupstockhphotos)

Menurut Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, SpKO, disarankan untuk melakukan peregangan setiap satu jam atau lebih cepat bila jari terasa sudah tidak nyaman.

Keluhan kaku serta nyeri pada jari-jari dan tangan akibat terlalu lama menggunakan gadget, bisa terjadi pada sore dan malam hari. Keluhan ini akan membaik pada esok hari, dan kambuh lagi pada siang hari. Banyak orang mengabaikan keluhan ini. Sampai-sampai, karena sudah terlalu nyeri, mengetik jadi menggunakan jari telunjuk saja.

Dalam jangka panjang, keluhan tersebut bisa meluas ke daerah lengan, bahu, serta leher. Namun, bila terus didiamkan hingga kondisi parah, proses penyembuhan akan sulit.

Dokter Michael menjelaskan ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan untuk proses penyembuhan. "Saat sedang menjalani proses penyembuhan, kamu juga harus mengatasi sumber masalah. Kurangi atau hentikan penggunaan gawai dan ponsel," tutur Spesialis kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran Jakarta tersebut, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Menurutnya, obat penghilang nyeri bukanlah solusi sesungguhnya. Karena, bila obat itu tak lagi dikonsumsi, nyeri akan kembali muncul bila sumber masalahnya tak diatasi.

Di sisi lain, penggunaan obat penghilang nyeri untuk jangka panjang, juga dikhawatirkan bisa berisiko menimbulkan gangguan kesehatan lainnya.

Kenali cara penyembuhan dan cara melakukan peregangan yang tepat. (Foto: pixabay/stocksnap)

Dokter Michael memberikan sejumlah saran untuk menyembuhkan nyeri ringan pada jari. Pertama, rendam tangan di air es. Bila terlalu dingin, segera angkat tangan dari rendaman. Setelah beberapa saat, rendam kembali tangan dan ulang cara tersebut hingga total waktunya mencapai 30 menit.

Bila rasa nyeri telah mereda, barulah kamu bisa melakukan peregangan di daerah jari dan tangan. Tujuannya untuk memberikan rasa lebih nyaman pada bagian yang sebelumnya terasa nyeri.

Baca juga:

Work from Home Jadi New Normal, ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Dalam melakukan peregangan, bisa dilakukan dengan cara duduk di kursi, lalu julurkan lengan kanan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan tegak lurus ke atas terhadap lengan, sehingga punggung tangan akan menghadap ke wajahmu.

Kemudian, letakkan ujung jari telapak tangan kiri pada jari-jari telapak tangan kanan, lalu tarik ke arah bahu. Tahan selama lima detik lalu lepaskan.

Selanjutnya, julurkan lengan tangan kamu lurus ke depan, dengan posisi telapak tangan tegak lurus ke bawah terhadap lengan, sehingga telapak tangan akan menghadap ke wajah.

Letakkan ujung jari telapak tangan kiri pada punggung tangan, lalu tarik ke arah bahu. Tahan selama lima detik, lalu lepaskan.

Selanjutnya, lakukan hal yang sama pada telapak tangan kiri, serta tahan juga selama lima hitungan. Lakukanlah secara bergantian pada telapak tangan kanan dan kiri, masing-masing lima kali.

Namun, apabila ketika melakukan peregangan ada bagian yang sakit, hentikan peregangan tersebut agar tak memperburuk keadaan. (ryn)

Baca juga:

Jangan Abaikan Kesehatan Mental di Tempat Kerja

#Kesehatan #Tips Kesehatan #Pekerja Kantoran
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan