Pentingnya Peran Platform Online Khusus Pengaduan Bullying Pelajar Pentingnya Peran Platform Online Khusus Pengaduan Bullying Pelajar (Foto: pixabay/anemone123)

BULLYING atau perundungan merupakan persoalan yang harus diselesaikan. Khususnya di dunia pendidikan yang erat kaitannya dengan tumbuh kembang dan emosi anak.

Terkait hal tersebut, platform pendidikan GREDU menjelaskan bahwa platform online memiliki peran dalam menyelesaikan masalah yang kompleks, dan berbahaya bagi korban, pelaku serta saksi.

Baca Juga:

Kisah Inspiratif Survivor Kasus 01 COVID-19 Sita Tyasutami Menghadapi Perundungan

GREDU menyediakan halaman pengaduan bullying. (Foto: pixabay/geralt)

Platform GREDU terbilang cukup menarik, karena di platform tersebut menyediakan halaman pengaduan yang ada di GREDU Student Web.

"Pengguna bisa melaporkan peristiwa perundungan dengan memilih kategori kekerasan diberi tanggal dan judul yang jelas," ujar pihak GREDU, seperti yang dikutip dari laman Antara.

Selain itu, GREDU menambahkan siswa juga bisa melampirkan gambar atau foto, agar tingkat validasinya tinggi, serta menjadi bukti kuat telah terjadi tindakan perundungan.

Kemudian, laporan tersebut nantinya akan diterima langsung oleh kepala sekolah. Untuk laporan yang telah dibuat, dapat dilihat statusnya mulai dari laporan diterima, ditinjau, hingga ditindak. Dengan begitu, siswa yang mengalami perundungan atau saksi, tak perlu merasa takut.

"Dengan fasilitas ini, anak diajarkan untuk tidak takut dan menutup mata saat ketidakadilan terjadi. Laporan perundungan di Gredu Student Web bersifat rahasia atau anonim, sehingga siswa pelapor tetap merasa aman dan nyaman," tambah GREDU.

Baca Juga:

Sekolah Diliburkan Karena Corona? Ini Deretan Situs Belajar Online yang Bisa Kamu Akses

Mengenai perundungan, perisakan, penindasan, hingga pengintimidasian, merupakan bentuk kekerasan yang dilakukan dengan sengaja oleh seseorang, sekelompok orang yang lebih kuat, maupun berkuasa terhadap orang lain.

Kasus kekerasan maupun perundungan di sekolah yang terjadi di Indonesia sudah merajalela. Dari mulai tingkat sekolah dasar, menengah, hingga perguruan tinggi.

Padahal, sebagai salah satu institusi pendidikan formal, sekolah diharapkan menjadi sebuah tempat yang aman bagi para murid atau peserta didik.

Menurut survei, 64% siswa menyatakan bahwa mereka pernah terlibat perundungan di sekolahnya. (Foto: pixabay/geralt)

Dalam pasal 54 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak mengatakan "Anak di dalam dan di lingkungan sekolah wajib dilindungi dari tindakan kekerasan yang dilakukan oleh guru, pengelola sekolah atau teman-temannya di dalam sekolah yang bersangkutan, atau lembaga pendidikan lainnya,".

Menurut Survei dari GREDU dari sekitar 300 responden, 64% menyatakan bahwa mereka pernah terlibat perundungan di sekolahnya, dan 22% pernah menceritakan perundungan tersebut kepada guru di sekolah.

Hasil survei itu, menyebutkan bahwa ada sekitar 79% dari seluruh responden mau mengadukan tentang perundungan kepada kepala sekolah bila ada sebuah platform online. Kemudian, 87% responden pun mau bercerita kepada guru bimbingan konseling bila tersedia platform pengaduan lewat online.

GREDU juga mengumumkan bahwa sebanyak 87% responden akan bercerita kepada guru Bimbingan Konseling (BK) bila tersedia fasilitas pengaduan online.

Karena itu, GREDU berencana menambah fitur BK online, agar para siswa dapat melakukan konsultasi atau hal negatif selama berlangsungnya proses belajar-mengajar.

Selama pembelajaran jarak jauh berlangsung selama pandemi COVID-19, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima banyak pengaduan tentang perundungan, khususnya di jagat maya.

Selain itu, KPAI juga menyebutkan bahwa perundungan menjadi faktor penyebab tertinggi sang anak enggan pergi ke sekolah, terlepas dari faktor ekonomi dan masalah keluarga. (ryn)

Baca Juga:

TK Internasional Kipina, Tawarkan Salah Satu Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Belanja Sayur dan Buah Segar, Orang Surabaya Andalkan Aplikasi Ini
Fun
Belanja Sayur dan Buah Segar, Orang Surabaya Andalkan Aplikasi Ini

Di Surabaya hadir aplikasi belanja online carisayur.com sebagai solusi belanja di tengah masa pandemi COVID-19 ini.

5 Tanda Anjing Kesal dengan Tuannya
Fun
5 Tanda Anjing Kesal dengan Tuannya

Untuk mengetahui kondisi anjing yang sedang kesal dengan kamu, dapat diketahui melalui gerak-gerik yang ia lakukan ini.

Lampu Pelangi Tidak Boleh Nyala di Allianz Arena
Olahraga
Lampu Pelangi Tidak Boleh Nyala di Allianz Arena

Tadinya lampu pelangi ingin dinyalakan saat Jerman melawan Hungaria di Euro 2020.

India Minta Facebook dan Twitter Hapus Unggahan Kritik COVID-19
Fun
India Minta Facebook dan Twitter Hapus Unggahan Kritik COVID-19

India meminta sejumlah media sosial seeperti Facebook dan Twitter, untuk menghapus seluruh unggahan yang mengkritik tentang pemerintah, khususnya soal penanggulangan pandemi COVID-19

Tidak Dapat Nominasi, The Weeknd 'Ngambek' Tuduh Grammy Awards Korup
ShowBiz
Tidak Dapat Nominasi, The Weeknd 'Ngambek' Tuduh Grammy Awards Korup

Padahal beberapa waktu terakhir, pengamat musik yakin The Weeknd mendapatkan setidaknya satu nominasi.

Setelah Dapat Angpau, Yuk Manfaatkan dengan Baik
Fun
Setelah Dapat Angpau, Yuk Manfaatkan dengan Baik

Utamakan prioritas di masa depan.

Hanya dari Hobi Jadi Pebisnis Ikan Cupang
Fun
Hanya dari Hobi Jadi Pebisnis Ikan Cupang

Hanya dari sekedar hobi, kemudian membuatnya memiliki bisnis.

Billboard Music Awards 2021 akan Ditayangkan Live
ShowBiz
Billboard Music Awards 2021 akan Ditayangkan Live

Billboard Music Awards 2021 disiarkan secara langsung oleh NBC pada hari Minggu 23 Mei.

'Call of Duty: Black Ops Cold War' PC  Butuh Kapasitas Penyimpanan 250GB
Fun
'Call of Duty: Black Ops Cold War' PC Butuh Kapasitas Penyimpanan 250GB

Gamer harus menyiapkan kapasitas memori sebesar 250 GB untuk menikmati game ini.

Ini Alasan Kuat Geisha Hadirkan Kembali Lagu 'Kukatakan Dengan Indah'
ShowBiz
Ini Alasan Kuat Geisha Hadirkan Kembali Lagu 'Kukatakan Dengan Indah'

Geisha Hadirkan Kembali Lagu 'Kukatakan Dengan Indah' yang dipopulerkan oleh grup band Peterpan yang sudah berganti nama dengan NOAH