Pentingnya Penuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh saat Bulan Ramadan Penuhi Kadar Air Mu Di Bulan Ramadan (Foto: Pixabay/Olichel)

SELAMA bulan ramadan, selain kamu menahan lapar kamu juga pasti akan menahan dahaga atau haus, ketika kamu menahan dahaga akan merasakan dehidrasi karena tidak minum cukup air selama kamu beraktivitas saat berpuasa. Kamu harus bisa menyeimbangkan kadar air dalam tubuh kamu lho! Soalnya jika kadar air dalam tubuh kamu kurang, kamu akan merasakan gejala yang terjadi seperti kantong mata, jerawatan, dan kulit yang tidak cerah.

Kita harus memenuhi kadar air dalam tubuh kita minimal delapan gelas per hari, agar kamu tidak merasa dehidrasi saat kamu berpuasa. Inilah tips untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh saat bulan ramadan:

1. Saat Sahur

Pentingnya Penuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh saat Bulan Ramadan
Minum Air Pra dan Pasca Sahur (Foto: Negative Space Pixabay)

Selepas kamu bangun untuk menjalani sahur, badan kamu akan merasa dehidrasi setelah bangun tidur. Kamu harus penuhi kadar air kamu dengan meminum air satu gelas untuk menyegarkan tubuh kamu.

Setelah itu kamu bisa melakukan aktivitas sahur kamu dengan nyaman, makanlah yang teratur dan jika sudah selesai. Minumlah air satu gelas dan kamu siap untuk imsak dan melakukan salat subuh.

2. Saat Berbuka Puasa

Pentingnya Penuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh saat Bulan Ramadan
Minum Air Saat Berbuka dan Setelah Salat Maghrib (Foto: Pexels/Pixabay)

Adzan maghrib telah tiba! Setelah kamu berdoa berbuka puasa, kamu harus berbuka puasa dan memenuhi kebutuhan tubuh kamu yang berpuasa dengan meminum air satu gelas, selepas itu kamu bisa melakukan aktivitas salat maghrib kamu.

Baca juga:

Haruskah Kita Minum Lebih Banyak Air saat Puasa Ramadan?

Lalu setelah salat maghrib, kamu bisa meminum air satu gelas lagi dan saatnya kamu untuk makan dan penuhi kalorimu paska puasa ini.

Lalu setelah kamu makan, minumlah satu gelas setelah makan dan kamu bisa melakukan aktivitas lain sembaring menunggu salat isya.

3. Isya dan Tarawih

Pentingnya Penuhi Kebutuhan Air dalam Tubuh saat Bulan Ramadan
Minum Air Setelah Isya, Tarawih, dan Sebelum Tidur (Foto: Pexels/Pixabay)

Adzan isya sudah berkumandang. Setelah kamu melaksanakan salat isya, minumlah satu gelas air lalu kamu bisa melakukan salat tarawih. Setelah tarawih selesai, minum satu gelas dan kamu siap melakukan aktivitas sebelum kamu tidur.

Jangan lupa sebelum kamu tidur, kamu minum air satu gelas. dan kamu sudah penuhi delapan gelas per harimu! Lakukan saat bulan ramadan ini agar kamu tidak terlepas dari dehidrasi.



Ananda Dimas Prasetya