Kesehatan
Pentingnya Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Masyarakat di Tengah Pandemi Pentingnya kesehatan gigi dan mulut di masa pandemi COVID-19. (Foto: Fatimah Ali)

PANDEMI COVID-19 belumlah berakhir. Protokol kesehatan demi menghentikan penyebaran virus corona ini menjadi kebiasaan baru yang tidak boleh ditinggalkan. Untuk itu di Komunitas Pendidikan Kewirausahaan - Bina Amanah Cordova Entrepreneurship School (CES), Pondok Aren, Tangerang, diselenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan mengangkat tema Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Masyarakat pada Masa Pandemi COVID-19.

PKM dilaksanakan di Sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova dan diketuai oleh drg. Ricky Anggara,Sp.Perio, diselenggarakan pada tanggal 12 Juli 2020 untuk pelatihan dan 17 Oktober 2020 untuk pemberian donasi.

Baca Juga:

FKG Usakti Tingkatkan Kesadaran Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut di Kelurahan Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan

gigi
Protokol kesehatan sangat penting di masa pandemi ini. (Foto: Fatimah Ali)

Kegiatan PKM dilakukan di sekolah Kewirausahaan Bina Amanah Cordova ini melihat area sekitar yang masih memiliki kesulitan pada akses kesehatan. Kemudian juga adanya pertimbangan masih minimnya pengetahuan masyarakat disana terkait COVID-19 meliputi protokol yang harus diterapkan.

Diketahui bahwa pandemik COVID-19 berpengaruh pula dalam kehidupan sehari-hari. Seperti dalam bidang usaha, pandemi ini menyebakan keterlambatan dalam produksi maupun distribusi barang. Maka selain pengetahun protokoler kesehatan kegiatan ini peduli pada bidang tersebut. Mitra PKM pun mengalami dampak dari pandemik ini.

Oleh karena sekolah Bina Amanah merupakan balai latihan kerja bagi masyarakat yang ingin melakukan kegiatan UMKM. Sasaran dari kegiatan ini yaitu, seluruh masyarakat komunitas sekolah kewirausahaan Bina amanah Cordova tersebut. Siswa sekolah kewirausahaan ini tidak memiliki batas umur dan tidak dipungut biaya.

Pada masa pandemi ini, berbagai permasalahan seringkali ditemukan di lingkungan kerja objek. Antara lain, kurangnya pengetahuan mengenai gejala, cara penyebaran dan cara-cara pencegahan penularan COVID-19 di kegiatan sehari-hari.

Baca Juga:

Ketahui! Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

gigi
Pelatihan keselamatan dan kesehatan pada masyarakat untuk menghentikan penyebaran virus corona. (Foto: Fatimah Ali)

Termasuk pula kurangnya pengetahuan mengenai cara menjaga kesehatan gigi dan mulut di masa pandemik dan usaha kecil menengah yang kesehariannya berkegiatan di masyarakat dengan resiko penularan yang tinggi. Oleh karena itu, kehadiran kegiatan seperti PKM Usakti ini diharapkan dapat membantu mengatasi hal-hal tersebut. PKM ini akan membantu mitra dalam menjalankan usahanya dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada sehingga dapat melindungi mitra dari penyebaran COVID-19.

FKG Usakti memberikan pengetahuan pada penyuluhan bagi masyarakat secara daring menggunakan aplikasi zoom meeting dengan materi mengenai coronavirus meliputi cara penularan, gejala dan cara pencegahan COVID-19. Termasuk pentingnya menjaga kesehatan gigi dalam kondisi pandemik.

Kesiapan individu jika harus mengunjungi dokter gigi dan pentingnya sikat gigi dan pemakaian obat kumur untuk meningkatkan kebersihan rongga mulut dalam upaya pencegahan dari coronavirus. Edukasi kepada masyarakat dibantu dengan penggunaan poster dan video tentang cara menyikat gigi dan mencuci tangan.

Dalam masa pandemi, kesehatan gigi sangatlah penting sama pentingnya dengan menjaga kesehatan badan secara umum. Selain memberikan penyuluhan, mahasiswa-mahasiswa FKG juga turun langsung memberikan donasi berupa alat cuci tangan portable di lingkungan pendidikan kewirausahaan dan pelatihan cara mencuci tangan yang tepat.

Baca Juga:

FKG Usakti Mainkan Peran Penting dalam Kesehatan Gigi dan Mulut

gigi
Memanfaatkan teknologi kekinian untuk memberikan akses pengetahuan kesehatan pada masyarakat. (Foto: Fatimah Ali)

Total peserta dalam kegiatan PKM yang diadakan oleh Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti ini diikuti oleh 4 mahasiswa yaitu, Audrey Dwifortuna Putri, Dionicia Bianca Calcavechia, Fatimah Ali Shahab dan Galuh Sekar Anindita. Dengan jenis kegiatan penyuluhan (edukasi) yang dilakukan secara daring dan pemasangan alat portable secara langsung di lingkungan pendidikan kewirausahaan. Kegiatan edukasi secara daring berjalan dengan lancar dimulai pukul 08:00 s/d 12:00 siang.

Kegiatan PKM ini dibimbing oleh 3 Dokter Gigi dari FKG Trisakti yaitu: Prof. Dr. Lies Zubardiah, drg. SpPerio, drg. Ricky Anggara Putranto, Sp.Perio dan Drs. Del Afriadi, M. Biomed.

Kegiatan PKM Usakti ini tidak hanya dilakukan oleh FKG saja. Beberapa fakultas ikut terlibat di dalamnya seperti Fakultas Arsitektur Lanskap dan Teknologi Lingkungan (FALTL), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi (FTKE). Kegiatan PKM ini disesuaikan dengan disiplin ilmu fakultas yang terlibat. (psr)

Baca Juga:

Akses Kesehatan Gigi Dipermudah oleh FKG Usakti

Penulis : P Suryo R P Suryo R
COVID-19 Ganggu Kesuburan Pria
Fun
COVID-19 Ganggu Kesuburan Pria
Fun
COVID-19 Ganggu Kesuburan Pria
Fun
COVID-19 Ganggu Kesuburan Pria
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Popularitas Umbul Ponggok Berhasil Mensejahterakan Penduduk Setempat
Travel
Popularitas Umbul Ponggok Berhasil Mensejahterakan Penduduk Setempat

Merupakan tempat yang sempurna untuk selfie

Katalog Sementara Yeezy GAP Dirilis, Kamu Suka yang Mana?
Fashion
Katalog Sementara Yeezy GAP Dirilis, Kamu Suka yang Mana?

Katalog sementara ini dirilis untuk memberikan gambaran koleksi kedepannya.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Sharp Sulap Pabrik TV jadi 'Pabrik' Masker
Fun
Cegah Penyebaran Virus Corona, Sharp Sulap Pabrik TV jadi 'Pabrik' Masker

Cegah Penyebaran Virus Corona, Sharp Sulap Pabrik TV jadi 'Pabrik' Masker

Apa Hebatnya Makan Lobak?
Fun
Apa Hebatnya Makan Lobak?

Lobak baik untuk menurunkan berat badan.

EVOS Sports Berkolaboarsi dengan Perusahaan Ecommerce
Fun
EVOS Sports Berkolaboarsi dengan Perusahaan Ecommerce

Kolaborasi ini akan dilakukan selama satu tahun ke depan.

Facebook Buat Fitur Antar Tetangga
Fun
Facebook Buat Fitur Antar Tetangga

Fitur pada Facebook ini ditujukan untuk mempermudah hubungan antar tetangga.

Gupta Sitorus, Pengalaman 20 Tahun Lahirkan Berbagai Bisnis
Fun
Gupta Sitorus, Pengalaman 20 Tahun Lahirkan Berbagai Bisnis

Sang founder dari Jakarta Dessert Week, Disrupto.id, Greatmind.id, dan eskimomo.

Punya Banyak Sahabat, Idola Korea Berikut Dijuluki 'Social Butterfly'
ShowBiz
Lembapkan Kulit Menggunakan Minyak Zaitun Selama #DiRumahAja
Fun
Lembapkan Kulit Menggunakan Minyak Zaitun Selama #DiRumahAja

Ada resep jika kamu kehabisan pelembab selama harus #DiRumahAja.

Taeyang BIGBANG Jadi Malaikat Bagi Anak-Anak Kurang Beruntung di Korea Selatan
ShowBiz