Parenting

Pentingnya Menjaga Kualitas Tidur si Kecil

Dwi AstariniDwi Astarini - Selasa, 22 September 2020
Pentingnya Menjaga Kualitas Tidur si Kecil
Penting menjaga kualitas tidur si kecil. (Foto: Unsplash-Jelleke Vanooteghem)

TIDUR yang cukup amat penting. Tak hanya bagi orang dewasa, cukup tidur amat esensial untuk anak-anak. Selain menjadi waktu untuk mengistirahatkan tubuh, tidur juga penting untuk mendorong tumbuh kembang anak.

Seperti dilansir Alodokter, anak usia satu sampai dua tahun membutuhkan paling tidak 10-13 jam per hari. Sementara itu, anak usia 6-12 tahun membutuhkan setidaknya 9-12 jam dalam sehari. Anak usia 13-18 tahun cukup 8-10 jam per hari. Amat penting bagi orangtua untuk menjaga kualitas dan kuantitas tidur anak. Berikut alasannya.

BACA JUGA:

Youtuber Suriah Umumkan Jenis Kelamin Anak di Burj Khalifa

1. Kecerdasan Otak

anak
Penting untuk kecerdasan otak. (Foto: Unsplash-Moses Vega)

Ketika anak terjaga, otak akan terus bekerja untuk menjalankan aktivitas sehariannya. Sehingga dengan tidur otak bisa ikut beristirahat. Terutama dengan tidur nyenyak bisa membantu meningkatkan kemampuan otak anak untuk mulai berpikir dan mencoba mengingat-ingat apa yang sudah terjadi pada hari itu. Sehingga ketika kurang tidur justru membuat mereka mudah hilang konsentrasi.

2. Daya Tahan Tubuh

anak
Untuk menjaga daya tahan tubuh anak. (Foto: Unsplash-Alvin Mahmudov)


Tidur yang cukup sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Terlebih lagi saat ini pandemi sangat riskan, sehingga anak-anak membutuhkan daya tahan tubuh yang kuat untuk menghadapi virus yang ada agar tidak mudah jatuh sakit.

3. Proses Pertumbuhan

anak
Proses pertumbuhan dipengaruhi oleh kualitas tidur si Kecil. (Foto: Unsplash-Ben White)


Tidur menjadi waktu untuk kelenjar yang ada di otak anak untuk memproduksi hormon yang berguna untuk pertumbuhannya. Kelenjar tersebut menjadi kunci penting untuk masa pertumbuhannya, ketika anak tidak memiliki waktu tidur yang cukup bisa menjadikan hormon mereka terganggu. Hal ini bisa mengakibatkan tumbuh kembang mereka menjadi tidak optimal.

4. Menjaga Suasana Hati


Penting juga untuk membuat mereka terus dalam suasana hati yang senang. Namun, ketika mereka mengalami kurang tidur moodnya akan langsung berubah. Seperti mudah rewel, sering mengeluh, marah, dan mudah menangis. Sedangkan untuk anak di bawah umur empat tahun kurang tidur justru membuat mereka bisa mengalami tantrum.

Jadi pastikan kalau sang buah hati mendapat kualitas tidur yang cukup setiap harinya. Bila sering kali mengalami gangguan tidur penting untuk membawa anak ke dokter.(Ren)

#Parenting #Ilmu Parenting #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan