Pentingnya Meningkatkan Pelayanan Konsumen Setelah Pandemi

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 21 September 2022
Pentingnya Meningkatkan Pelayanan Konsumen Setelah Pandemi
Penggunaan teknologi digital salah satu bentuk perubahan setelah pandemi. (freepik/DCSstudio)

PANDEMI COVID-19 tentu diakui sangat berdampak pada semua orang. Terutama bagi mereka yang mengalaminya secara langsung tentu ada perasaan terpukul atau bahkan trauma. Oleh sebab itu, para perusahaan pelayananan saat ini memiliki tujuan baru yaitu lebih mementingkan memberikan pengalaman bagi para para konsumennya.

“Bisnis tidak lagi melihat layanan dan dukungan operasi mereka sebagai pusat biaya. Tetapi sebagai aset strategis yang menguntungkan pendapatan dan retensi karena harapan pelanggan melonjak,” ungkap Bill Patterson, EVP dan GM B2B CRM di Salesforce, mengutip dari customerexperienceinsight.com.

Lantas ini dia beberapa hal yang dapat kamu lakukan jika ingin memberikan pelayanan yang maksimal setelah pasca pandemi.

Baca Juga:

Hati-hati, Kebiasaan Belanja Kamu Jadi Masalah

layan
Pelayanan yang baik akan membuat pelanggan menjadi setia. (freepik/tirachardz)


Fleksibilitas


Pada saat ini hampir 85% pemimpin dan profesional, mengubah kebijakan untuk meningkatkan fleksibilitas bagi para konsumen. Fleksibilitas tersebut dapat diberikan dengan adanya kemudahan teknologi, dimana para konsumen bisa membeli tanpa perlu hadir ke lokasi. Namun adanya kesenjangan teknologi menjadikan tantangan tersendiri bagi perusahaan karena baik karyawan dan pelanggan terkadang tidak memiliki teknologi yang memadai.


Loyalitas


Perusahaan yang bertahan, bisanya memiliki produknya yang bagus dan dibutuhkan oleh banyak orang. Loyalitas atau kesetiaan pelanggan menjadi salah satu kunci kesuksesannya. Bahkan kesetiaan karyawan pun sangat berpengaruh bagi kemajuan sebuah perusahaan.

Maka dari itu, pemilik usaha perlu memberikan banyak pelatihan terutama pada karyawan jarak jauh agar para konsumen tetap puas. Terhitung dari tahun lalu, hanya sekitar 20% pemimpin layanan yang mengatakan organisasi mereka unggul dalam orientasi dan pelatihan.

Baca Juga:

Punya Sifat Berbeda, Perlakukan Konsumen Sesuai Karakteristiknya

layanan
Lakukan pelatihan pada karyawan agar mampu memberikan solusi pada setiap masalah yang dialami para konsumen. (freepik/senivpetro)


Kekinian


Adanya perubahan tentu menjadikan tingkat kesulitan baru bagi sebagian orang, terutama dalam hal teknologi. Oleh sebab itu, pelanggan membutuhkan perwakilan layanan yang baik dan cerdas untuk memecahkan permasalahanya dan memberikan solusi yang tepat. Maka dari itu sangatlah penting bagi sebuah perusahaan untuk memberikan pelatihan pada hal-hal baru bagi para karyawannya.


Teknologi Digital


Seperti yang sudah diungkapkan dari sebelum-sebelumnya kalau teknologi digital sangatlah diperlukan pada saat ini. Bahkan bagi mereka yang sebelumnya enggan untuk menggunakan sosial media, diharuskan mempelajarinya untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh sebab itu, sebagai perusahaan ada baiknya menghadirkan teknologi yang memang memberikan kemudahan bagi para konsumen bukan sesuatu yang semakin membingungkan. (nbl)

Baca Juga:

Jangan Samakan Hari Konsumen Nasional dan Hari Pelanggan Nasional

#Lipsus September Konsumen
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan