Pentingnya Mendaftarkan Si Kecil ke Taman Kanak-Kanak Keuntungan Memasukan Si Kecil Ke Taman Kanak-Kanak Bagi Tumbuh Kembangnya (Foto: Pixabay/Tolmacho)

CARA terbaik untuk meningkatkan kecerdasan anak sejak dini adalah mendaftarkannya ke taman kanak-kanak. Di sana anak akan belajar berbagai banyak hal meliputi bidang akademik maupun non-akademik. Kamu akan banyak terbantu dalam mengajarkan beberapa hal, karena mereka secara intensif dan disiplin sudah mendapatkan itu di taman kanak-kanak.

Tetapi ternyata beberapa orangtua masih meremehkan manfaat dari taman kanak-kanak yang dinilai bisa dilakukan di rumah sendiri. Mengajari anak di rumah memang perlu, tetapi tidak ada salahnya membiarkan anak belajar di luar selain di rumah.

Baca juga:

Dari Drama Hingga Tangis Canda Tawa di Hari Pertama Masuk Sekolah TK

Selain bisa belajar pengetahuan umum, mereka juga akan belajar tata karma. Apa saja ya keuntungannya jika si kecil masuk taman kanak-kanak? Melansir laman kilvington, berikut empat manfaat yang bisa di dapatkan si kecil saat mereka belajar di taman kanak-kanak.

1. Belajar Cara Bersosialisasi

Pentingnya Mendaftarkan Si Kecil ke Taman Kanak-Kanak
Mengajari anak cara bersosialisasi (Foto: Pixabay/Kasman)

Taman kanak-kanak merupakan tempat pertama anak untuk bersosialisasi dengan masyarakat di luar keluarganya sendiri. Dari sini lah mereka mulai belajar berkenalan, bekerja sama dengan kelompok, dan toleransi terhadap keberagaman.

Anak-anak juga belajar menghormati orang yang lebih tua seperti gurunya. Memahami bagaimana berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai kalangan.

2. Perkembangan Saraf Motorik

Pentingnya Mendaftarkan Si Kecil ke Taman Kanak-Kanak
Mengembangkan saraf motorik (Foto: Pixabay/EvgeniT)

Belajar di taman kanak-kanak berbeda dengan sekolah pada umumnya. Meskipun sama-sama belajar membaca dan berhitung, tetapi di sini lebih banyak kegiatan yang dapat mengembangkan saraf motorik anak.

Baca juga:

Melihat Berbagai Manfaat Belajar Seni untuk Tumbuh Kembang Anak

Kegiatan tersebut meliputi tugas menempelkan kertas origami ke kertas HVS, Melukis dengan menggunakan cat air, atau mempelajar berbagai tekstur benda seperti pasir, bulir, dan benda cair. Dengan begini keterampilan anak akan meningkat.

3. Belajar Baca dan Berhitung Sejak Dini

Pentingnya Mendaftarkan Si Kecil ke Taman Kanak-Kanak
Belajar baca dan berhitung sejak dini (Foto: Pixabay/Geralt)

Mempersiapkan anak sebelum masuk sekolah dasar bisa dimulai dari taman kanak-kanak. Mengajari anak membaca dan menghitung secara intensif membuatnya lebih terbiasa ketika melakukan semua hal itu di sekolah dasar nantinya.

4. Menanamkan Kepercayaan Diri

Pentingnya Mendaftarkan Si Kecil ke Taman Kanak-Kanak
Menanamkan kepercayaan diri (Foto: Pixabay/84264)

Siapa sangka ternyata di taman kanak-kanak, kepercayaan diri bisa tumbuh. Anakmu bisa bebas berekspresi melalui keterampilannya.

Baca juga:

Caranya Memberanikan Anak Bersekolah

Selain itu, apresiasi dari guru dan teman-teman memiliki peran penting dalam menumbuhkan rasa percaya diri. Ketika anak diakui keberadaannya oleh orang lain, secara tidak langsung ia juga akan mengapresiasi dirinya sendiri. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH