Bisnis

Pentingnya Memberikan 'Bonus' kepada Karyawan, Termasuk Hampers Lebaran

Dwi AstariniDwi Astarini - Jumat, 21 Mei 2021
Pentingnya Memberikan 'Bonus' kepada Karyawan, Termasuk Hampers Lebaran
Bonus hampers lebaran dapat memotivasi karyawan meningkatkan kinerjanya. (Foto: Unsplash/shawnee wilborn)

UMUMNYA karyawan akan diberikan upah berupa uang dari kantor. Namun, upah tidak hanya berupa uang. Ada kalanya upah diberikan berupa kompensasi atau bonus seperti tiket liburan bersama keluarga atau hampers Lebaran bagi mereka yang merayakan Idul Fitri

Kompensasi tentu saja tidak diberikan secara rutin, tapi jika ada kejadian-kejadian luar biasa seperti keberhasilan seorang karyawan meluncurkan suatu proyek, atau saat merayakan hari raya agama.

Sayangnya, kompensasi sering kali dilupakan pemilik perusahaan. Padahal kompensasi yang diberikan secara cuma-cuma bisa mendongkrak penghasilan perusahaan. Businessmanagementideas.com menyebut kompensasi bisa menjadi daya tarik bagi para calon karyawan unggul untuk masuk dan meningkatkan kualitas perusahaan. Biar bagaimanapun juga, karyawan yang bahagia merupakan pion utama perusahaan sukses.

BACA JUGA:

Jangan Gugup Menjalani Wawancara Kerja Bahasa Inggris

1. Meningkatkan produktivitas

bisnis
Karyawan lebih semangat bekerja. (Foto_ Pixabay_ 089photoshootings)

Karyawan akan lebih semangat kerja jika kompensasi bukan hanya kebohongan belaka. Selain memiliki peran untuk apresiasi kerja karyawan, kompensasi juga berperan sebagai “pancingan” motivasi karyawan. Tidak ada salahnya memberikan kompensasi secara cuma-cuma mengingat timbal balik yang diberikan oleh karyawan begitu besar dampaknya bagi masa depan perusahaan.

2. Mempertahankan karyawan unggul

bisnis
Membuat karyawan betah bekerja. (Foto_ Pixabay_ Free-Photos)

Perusahaan tidak akan pernah mengetahui siapa karyawan unggulnya jika tidak ada yang bertahan lama. Salah satu cara mempertahankan karyawan terbaik adalah dengan memberikan kompensasi kepada para pekerja di perusahaan. Dengan begitu, meskipun melakukan pekerjaan yang berat, para karyawan akan merasa semua setimpal dengan kompensasi yang diberikan oleh perusahaan.

3. Citra perusahaan terjaga

bisnis
Menjaga nama baik perusahaan. (Foto_ Pixabay_ cegoh)

Sebuah perusahaan tidak akan berdiri menjadi kerajaan bisnis yang sukses tanpa citra yang baik dari para karyawannya. Cara yang tepat untuk menjaga nama baik perusahaan adalah dengan memberikan kompensasi kepada karyawan sesuai porsinya. Jika ada karyawan yang unggul dalam jobdesknya, berikanlah kompensasi untuk memotivasi para pekerja yang lain.

4. Menciptakan lingkungan kerja yang sehat

bisnis
Menghindari energi negatif di antara pekerja. (Foto_ Pixabay_ StockSnap)

Jika sebuah perusahaan menyelipkan kompensasi ke dalam daftar prioritas, dijamin deh lingkungan kerjanya pasti sehat dan kondusif. Perusahaan dengan lingkungan kerja yang sehat akan menjauhkan karyawan dari kegiatan bergosip dan menjatuhkan satu sama lain. Dengan begitu mereka akan fokus bekerja dan memberikan yang terbaik untuk perusahaan. (mar)

#Lipsus Bulanan #Bisnis
Bagikan
Ditulis Oleh

Maria Theresia

Your limitation -- it's only your imagination.
Bagikan