Pentingnya Membangun dan Menjaga Lingkungan Kerja yang Positif Pentingnya Lingkungan Kerja yang Positif (Foto: Pixabay/FotografieLink)

KERAP mengeluh soal pekerjaan yang seringkali menghabiskan energi dan membuatmu uring-uringan, bisa jadi permasalahannya ada di lingkungan tempatmu bekerja. Memiliki lingkungan kerja yang positif menjadi impian banyak orang. Namun, tidak banyak yang mengerti bagaimana cara membangun dan memelihara kondisi nyaman tersebut.

Melansir dari laman Sandler, meski manajer senior atau CEO selalu berbicara tentang menciptakan lingkungan kerja yang nyaman, penelitian menunjukkan bahwa hanya 15% karyawan di seluruh dunia yang merasakan hal itu dalam pekerjaan mereka.

Sebagai seorang pengusaha maupun pekerja, kamu harus belajar lebih banyak tentang lingkungan kerja positif. Memahami bagaimana hal itu memengaruhi keberlangsungan perusahaan. Ini adalah satu faktor keberhasilan utama untuk semua jenis usaha.

Baca juga:

Tidak Selalu Inovasi, Bangun Relasi Agar Bisnis Sukses!

Sebelum mendalami soal lingkungan kerja positif, dan mulai menjelaskan bagaimana konsep ini berdampak pada karyawan dan perusahaan tentunya, kita harus tahu terlebih dulu apa yang dimaksud dengan lingkungan kerja yang positif.

Jake Richardson, seorang manajer sumber daya manusia menjelaskan secara singkat, lingkungan kerja positif adalah situasi di mana setiap karyawan merasa aman, diakui, dan mampu melakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan profesional. Berikut beberapa dampak positif saat lingkungan kerja positif berhasil dibangun dalam sebuah perusahaan.

Mengurangi Stres

Pentingnya Membangun dan Menjaga Lingkungan Kerja yang Positif
Terhindar Dari Stres (Foto: Pixabay/Pexels)

Stres adalah dampak yang kebanyakan terjadi ketika lingkungan tempatmu bekerja tidak mendukung, pada gilirannya akan membuat kinerja menjadi buruk. Hal ini tentunya dapat membahayakan kesehatan mental dan mengarah pada berbagai situasi yang tidak menguntungkan.

Cara menghindarinya adalah dengan membangun lingkungan kerja positif. Kamu bekerja untuk jangka panjang, bukan jangka pendek. Kamu bekerja sebagai tim, bukan perorangan. Dengan menemukan tim yang solid dan saling membantu, itu akan membuatmu lebih bahagia dan terhindar dari risiko stres.

Mencapai keseimbangan

Pentingnya Membangun dan Menjaga Lingkungan Kerja yang Positif
Tidak Hanya Bekerja, Tapi Juga Menikmati Hidup (Foto: Pixabay/Lazare)

Menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan di luar pekerjaan sangat penting. Apalagi jika kamu ingin menikmati hidup dan mempertahankan produktivitas jangka panjang.

Namun sebagian besar karyawan hanya dapat memimpikannya, melansir laman Yourtrainingedge, hampir 70% pekerja penuh waktu mengatakan mereka tidak percaya bahwa mereka dapat mencapai keseimbangan dalam kehidupan kerja.

Baca juga:

Omzet Bisnis Kamu Menurun? Coba Perhatikan 4 Kunci Ini

Meningkatkan Kreativitas

Pentingnya Membangun dan Menjaga Lingkungan Kerja yang Positif
Kreativitas adalah Segalanya (Foto: StartupStockPhotos)

Ketika berhasil menemukan atau membangun lingkungan kerja positif yang membuatmu nyaman, kamu dapat sepenuhnya mendedikasikan diri pada pekerjaan dan mengekspresikan kreativitas profesional.

Lingkungan kerja positif membuat kamu lebih nyaman dan bebas bereksperimen. Hal tersebut merupakan syarat dasar untuk menjadi individu yang lebih kreatif.

Efisiensi Kerja

Pentingnya Membangun dan Menjaga Lingkungan Kerja yang Positif
Efisiensi Berbanding Lurus Dengan Waktu (Foto: Pixabay/Geralt)

Lingkungan kerja positif adalah pendorong efisiensi yang sangat baik. Hal itu membuat kamu merasa nyaman dan menikmati pekerjaan, menginspirasimu untuk melakukan yang terbaik dan menyelesaikan semua tugas tanpa penundaan. Pada gilirannya itu akan menghemat banyak waktu dan semakin produktif. (Nic)

Baca juga:

Tegas di Kantor Itu Perlu


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH