Kesehatan
Penting, Medical Check-up untuk Gaya Hidup Sehat Medical check-up rutin sangat penting (Foto: pixabay/mohamed_hassan)

PERUSAHAAN asuransi jiwa terkemuka PT AIA FINANCIAL (AIA), bekerja sama dengan PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia) memaparkan fakta pentingnya medical check-up secara rutin, sekaligus mendorong penerapan gaya hidup sehat dengan memantau kondisi kesehatan melalui AIA Vitality.

Sebagai terobosan program health and wellness yang terhubung dengan produk asuransi AIA, AIA Vitality akan membantu masyarakat memahami kondisi kesehatan dan mengambil langkah aktif dalam meningkatkan kualitas hidup guna mencapai hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik.

Baca Juga:

Mengenal Pengaruh Musik dalam Menjaga Kesehatan Otak

AIA dan Prodia menjelaskan gaya hidup yang kurang sehat dalam keseharian terutama yang berkaitan dengan pola makan dan kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan berbagai macam penyakit.

Medical check-up sangat penting, khususnya bagi yang tidak menerapkan gaya hidup sehat (Foto: pixabay/13687374)

Sepanjang 2018 hingga 2020, diketahui bahwa ada tiga jenis pemeriksaan tertinggi yang dilakukan masyarakat Indonesia, yakni pemeriksaan kadar kolesterol, diabetes, dan defisiensi vitamin D.

Menurut Data Riset Kesehatan Dasar 2018, 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) lebih tinggi daripada batas normal. Kondisi itu diperburuk dengan prevalensi kolesterol baik (HDL) yang rendah menurut BMC Public Health 2019.

Gaya hidup tidak sehat seperti halnya kebiasaan mengonsumsi makanan instan dan berminyak, merokok, dan kurangnya aktivitas fisik menjadi kontribusi utama penyebab tingginya angka lemak jahat di dalam tubuh.

Banyak orang awam yang mengira bahwa semua lemak itu tidak sehat, padahal faktanya tubuh tetap membutuhkan lemak yang sehat agar bisa berfungsi dengan baik. Termasuk kolesterol, yang sebetulnya merupakan komponen yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain lemak, kondisi kadar gula darah yang melebihi nilai normal berdampak pada hormon insulin yang tidak digunakan secara baik oleh tubuh. Kondisi ini yang dikenal dengan diabetes tipe 2 dapat berdampak pada komplikasi penyakit serius.

Sedangkan kondisi tubuh yang kekurangan Vitamin D, kerap kali tidak disadari gejalanya. Padahal kondisi ini bisa meningkatkan risiko munculnya penyakit lanjutan, mulai dari gangguan tulang hingga infeksi dan serangan virus.

Data-data tersebut merupakan pengingat kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan gaya hidup sehat, yang menjadi langkah pencegahan penyakit.

Hal itu juga sejalan dengan program Kementerian Kesehatan, yang mengajak masyarakat semakin peduli dalam mengubah gaya hidup, termasuk melakukan cek kesehatan secara rutin yang dapat dilakukan di Prodia atau melalui AIA Vitality untuk memantau kesehatan setiap saat.

"Gaya hidup sehat adalah salah satu kunci untuk menuju hidup yang lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik. Guna mendukung masyarakat Indonesia untuk mencapai hal tersebut, AIA Vitality hadir sebagai partner bagi nasabah dalam meningkatkan kualitas hidupnya dengan cara yang menyenangkan dan berkelanjutan," tutur Kathryn Monika Parapak, Chief Marketing Officer AIA, pada siaran pers yang diterima merahputih.com

Baca Juga:

Sederhana, Naik-Turun Tangga Bikin Otak Sehat

Gaya hidup sehat adalah salah satu kunci untuk menuju hidup yang lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik (Foto: pixabay/totalshape)

Lebih lanjut Kathryn menjelaskan, bahwa melalui konsep Know Your Health, Improve Your Health, dan Enjoy the Reward, nasabah bisa mengambil langkah aktif untuk mengadopsi gaya hidup sehat. Salah satu aspek yang paling mendasar dari AIA Vitality yaitu Know Your Health, menjadi langkah awal untuk memulai hidup sehat.

Di fase ini mencakup pemeriksaan kesehatan yang dapat membantu nasabah untuk terus mengetahui kondisi kesehatan sehingga memahami langkah berikutnya untuk meraih hidup yang lebih sehat. Sebagai program yang terintegrasi dengan perlindungan jiwa AIA, AIA Vitality lebih dari sebuah layanan proteksi jiwa dan kesehatan, namun berusaha secara proaktif akan membantu nasabah hidup lebih sehat, lebih lama, lebih baik.

Untuk medical check-up secara rutin, sebaiknya dilakukan setahun atau enam bulan sekali. Terlebih disaat kondisi pandemi ini, medical check-up menjadi lebih penting dari sebelumnya, di mana kondisi penyakit serius maupun COVID-19 sering kali tidak menimbulkan gejala. Karena itu sangat penting untuk selalu memantau dan memastikan kondisi kesehatan.

Selain itu, masyarakat juga perlu melakukan tindakan preventif dengan menjalankan pola hidup sehat, seperti pilihan asupan makanan sehat serta aktif berolahraga. (Ryn)

Baca Juga:

Pentingnya Rutin Medical Check Up Jantung

Pisah Kamar Demi Kesehatan? Kenapa Tidak
Fun
Implan di Otak untuk Sembuhkan Depresi
Fun
Pisah Kamar Demi Kesehatan? Kenapa Tidak
Fun
Implan di Otak untuk Sembuhkan Depresi
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Grup Warkopi Jadi Polemik, Dirjen Kekayaan Intelektual Angkat Bicara
Hiburan & Gaya Hidup
Grup Warkopi Jadi Polemik, Dirjen Kekayaan Intelektual Angkat Bicara

Warkopi tidak tercatat memiliki pendaftaran merek.

Hari Kanker Sedunia: Ladies, Jangan Takut Dulu dengan Kanker
Fun
Hari Kanker Sedunia: Ladies, Jangan Takut Dulu dengan Kanker

Ada beberaoa miskonsepsi yang harus diluruskan

Lagu BTS Jadi Soundtrack Film Marvel ‘Eternals’
ShowBiz
Lagu BTS Jadi Soundtrack Film Marvel ‘Eternals’

Selain lagu dari BTS, aktor Korea Don Lee juga mengambil peran di Eternals.

PEMUDA JAGOAN NEGERI AING
Hiburan & Gaya Hidup
PEMUDA JAGOAN NEGERI AING

Bisa saja umur kepala lima tetapi jiwa juga pikir masih kontekstual

Ikan Segar Berkualitas Kini Tersedia di Platform
Fun
Ikan Segar Berkualitas Kini Tersedia di Platform

Ikan segar berkualitas siap diantar ke depan rumah.

Bagaimana Varian Delta Mengecoh Sistem Kekebalan? Ini Petunjuk dari Ilmuwan
Fun
Bagaimana Varian Delta Mengecoh Sistem Kekebalan? Ini Petunjuk dari Ilmuwan

Varian tersebut pertama kali diidentifikasi di India.

JRR Tolkien Pernah Tolak The Beatles untuk Membuat 'Lord Of The Rigs'
ShowBiz
JRR Tolkien Pernah Tolak The Beatles untuk Membuat 'Lord Of The Rigs'

Cerita Peter Jackson tentang The Beatles yang pernah ditolak untuk membuat film Lord Of The Rings.

Film Live-Action 'Gundam' akan Tayang di Netflix
ShowBiz
Film Live-Action 'Gundam' akan Tayang di Netflix

Pembuat film Jordan Vogt-Roberts (Kong: Skull Island) akan menyutradarai.