Pentingnya Jaga Kebugaran di Tengah Pandemi Push-up sangat mudah untuk dilakukan di rumah. (Foto: Pexels/Elly Fairytale)

PANDEMI COVID-19 belumlah berlalu. Namun kehidupan terus berjalan tanpa menunggu. Begitu juga dengan menjaga kebugaran tubuh menjadi sangat penting di tengah pandemi. Dengan tubuh yang bugar maka akan lebih mampu menjaga imun dari serangan virus corona.

Masyarakat yang sudah terbiasa dengan pusat kebugaran mendadak berhenti berolahraga. Padahal tanpa pusat kebugaran seseorang dapat terus berolahraga.


Baca Juga:

Lakukan 5 Hal Sederhana Ini agar Tubuh Bugar saat Bangun Tidur


Olahraga via aplikasi

olahraga
Banyak gerakan olahraga via aplikasi yang dapat dicontoh. (Foto: Pixabay/5132824)

Seperti yang dilakukan oleh Giovany mahasiswa dari Universitas Binus tetap berolahraga sesuai dengan jadwalnya. Dia melakukan push up, sit up, dan back up selama pusat kebugaran langganannya masih tutup. Tak ada alasan baginya tidak menjaga kebugaran makanya dia melakukan olahraga mandiri di rumah.

Selain itu untuk olahraga lain seperti senam pagi, zumba, dan yoga bukan berarti terhenti. Namun dengan memanfaatkan teknologi digital semua dapat dilakukan. Seperti kelas-kelas olahraga itu yang dilakukan via zoom.

Tidak sedikit masyarakat yang memanfaatkan media sosial seperti Youtube untuk melakukan senam. Bahkan ada yang mencampurkannya dengan kesenangan dan hiburan seperti mengikuti tantangan tari via aplikasi Tik-Tok. Secara tak sadar orang yang mengikuti tantangan itu sudah melakukan gerakan menjaga kebugaran.


Baca Juga:

Kiat Tetap Bugar, Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Pemulihan Otot!


Olahraga mandiri

olahraga
Mengikuti tantangan tari di medsos sebenarnya sudah melakukan olahraga. (Foto: Unsplash/Forest Simon)


Meskipun di beberapa daerah termasuk Jakarta sudah membuka fasilitas umum olahraga, namun protokol kesehatan tidak boleh abai. Jaga jarak harus tetap dilakukan dan memakai masker sama sekali tidak boleh alpa.

Ada baiknya melakukan olahraga di rumah saja. Paling tidak lebih menjaga kesehatan dari serangan virus corona. Alih-alih mendapatkan kebugaran malah menjadi peserta karantina yang sayangnya bukan untuk ajang pencarian bakat.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan aktivitas senam mandiri yakni senam ringan yang dapat dilakukan rutin. Olahraga ini dapat ditentukan sendiri dan diseuaikan dengan kemampuan badan kamu. Jadi bila merasa badan sudah lelah bisa berhenti dan melakukan cooling down.

Selain praktis, senam mandiri di rumah dapat menjadi ajang keakraban keluarga. Conteklah gerakan-gerakan fun yang ada di medsos. Aktivitas ini mampu membuang rasa bosan anak-anak di rumah. (joe)

Baca Juga:

#DiRumahAja Tetap Sehat, Bugar dan Gaul



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH