Pentingnya 'First Impression' dalam Dunia Kerja Kesan Pertama Menentukan Karirmu (Foto: Pixabay/TeroVesalainen)

KAMU mungkin sering mendengar perkataan yang sering dianggap klise ini, yakni harus bisa memberikan kesan pertama yang baik tentang dirimu dalam dunia kerja. Melansir dari halaman BrianTracy, membuat kesan pertama yang hebat sangat penting untuk menjadi seorang pemimpin.

Orang Yunani kuno menghabiskan banyak waktu untuk berpikir dan menulis tentang efek dari satu kepribadian ke kepribadian lainnya. Mereka memecah komunikasi menjadi tiga bagian, yang mereka sebut etos, pathos, dan logo.

Baca juga:

6 Tips Anti Deg-degan Hadapi HRD saat Interview Kerja

Etos komunikasi didefinisikan sebagai bagian etis. Dalam dunia kerja, hal ini adalah cara bagaimana kamu dipersepsikan oleh orang lain, yang akan sangat menentukan pengaruh kamu terhadapnya, dan terlebih lagi akan memengaruhi tingkat kredibilitas kamu.

Pentingnya 'First Impression' dalam Dunia Kerja
Menjadi diri Sendiri Lebih Baik (Foto: Pixabay/Free Photos)

Ketika kamu berpikir bahwa kesan pertama hanyalah tentang sikap dan cara bicara kamu, kamu sepenuhnya salah! Penerapan ini melibatkan keseluruhan, termasuk penampilan kamu. Fakta uniknya adalah ketika kamu pertama kali bertemu seseorang, dia hanya memerlukan waktu selama 30 detik untuk menilai dari kontak awal.

Baca juga:

7 Tips Berbusana Rapi untuk Laki-laki untuk Melakukan 'Interview' Kerja

Dalam sebuah survey terhadap anggota Konsultan Personil Amerika, mereka yang bertanggung jawab untuk merekrut orang untuk perusahaan besar, para anggota setuju bahwa mereka membuat keputusan untuk lulus atau tidaknya seseorang dalam waktu 30 detik dari pertemuan pertama.

Untuk mendapatkan kesan pertama yang baik, kamu tidak perlu berjuang untuk menjadi diri orang lain. Jadilah diri sendiri dan yakinlah bahwa kamu bisa memiliki kesan pertama yang tidak kalah baik dari orang-orang disekitar kamu. Gunakan sapaan dan senyuman sebagai awal dasar kamu memulai kesan pertama positif kamu.

Karena pada hakikatnya kesana pertama memiliki 'power' yang kuat. Ketika kamu berhasil membuat kesan pertamamu positif kamu akan mudah untuk berkomunikasi lebih lanjut. Apabila sebaliknya, orang-orang biasanya sudah tidak ingin berbicara denganmu. (Nic)

Baca juga:

Perempuan Karier, Perhatikan 3 Hal Penting ini agar Hidup Kamu Seimbang



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH