Pentingkah BAB Setiap Hari? Ini Jawabannya

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Senin, 27 Agustus 2018
Pentingkah BAB Setiap Hari? Ini Jawabannya
Ilustrasi (Foto: pixabay/tama66)

DALAM kehidupan sehari-hari, setiap orang pastinya makan kurang lebih 3 kali sehari. Dapat kamu bayangkan betapa padatnya isi perutmu. Namun, setiap orang memiliki sitem untuk mengosongkan usus dan lambung lewat buang air besar (BAB).

Namun, selama ini banyak beredar anggapan bahwa seseorang wajib buang air besar setiap harinya agar sehat. Nyatanya anggapan itu salah.

Pasalnya, seperti yang dilansir WebMD, sebuah studi yang diterbitkan di Scandinavian Journal of Gastroenterology mengungkapkan, sebaiknya memang manusia BAB setiap hari, tapi frekuensi tersebut bukan suatu keharusan. Jika kamu tak BAB setiap hari juga sebenarnya bukan masalah.

Selama kamu merasa nyaman, BAB Sendiri tak perlu dipaksakan harus dilakukan setiap hari. Pasalnya, ada orang yang melakukannya sekali atau dua kali saja dalam seminggu.

ilustrasi BAB (Foto: pixabay/stevepb)

Dalam hal ini, yang terpenting bukanlah soal frekuensinya, melainkan kualitasnya. Dari mulai, tekstur, bentuk serta warnanya, karena hal itu dapat memantau kesehatan pencernaan dan kesehatan tubuh kamu secara umum. Hal itu diungkapkan oleh Kimberly Snyder, seorang Ahli Gizi.

"Apakah "poop' kamu keras atau lunak, sebaiknya lihat asupan serat dan juga air yang kamu konsumsi, karena tekstur BAB lebih penting ketimbang frekuensinya" tutur Kimberly.

Namun, BAB sejatinya merupakan sistem tubuh untuk menghilangkan racun di dalam tubuh. Kendati setiap orang memiliki frekuensi yang berbeda, namun jika frekuensi BAB kamu cukup jarang seperti seminggu sekali, disarankan langsung berkonsultasi ke dokter. Pasalnya, 'poop' merupakan ampas yang berbahaya bagi kesehatan kamu. (Ryn)

Baca juga yuk artikel menarik yang lainnya Ini Alasan Utama Jokowi Pilih Sneakers di Berbagai Kegiatan

#Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan