Penting, Simpan Nomor Telepon Darurat saat Berlibur Ke Negara Asing Pentingnya menyimpan momor telepon darurat saat berlibur ke negara asing (Foto: Pexels/Oleg Magni)

MUNGKIN kamu enggak terpikirkan dengan hal ini. Menyimpan nomor telepon darurat saat berlibur ke negara asing. Agaknya memang berlebihan. Tapi, kamu enggak akan pernah tahu kejadian apa yang menimpamu saat berada di negara orang lain. Jadi sangat penting jika kamu mengetahui nomor telepon darurat di negara asing.

Kebanyakan orang tak asing dengan nomor darurat di Amerika Serikat, '911'. Tapi berapakah nomor darurat di negara asing lainnya? Mengutip laman Smarter Travel, setiap negara memiliki nomor darurat yang beragam. Rata-rata setiap negara memiliki nomor telepon darurat dengan tiga digit angka.

Baca juga:

Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Menyewa Mobil Rental di Eropa

Nomor darurat di Australia '000' sementara di Selandia Baru '111'. Kemudian untuk Kanada, kamu bisa meminta bantuan darurat melalui nomor '911' sama dengan di Amerika Serikat dan di wilayah Amerika Utara lainnya.

Kamu enggak akan pernah tahu kejadian yang bisa menimpamu saat berada di negara asing (Foto: Pexels/Oleg Magni)

Nomor telepon darurat '911' juga berlaku di beberapa wilayah benua Amerika lainnya. Di antaranya, Puerto Riko, Samoa Amerika, Kepulauan Virgin AS, dan sebagian besar Kepulauan Karibia termasuk Antigua & Barbuda, Aruba, Bahama, Bermuda, Bonaire, Belize, Kepulauan Cayman, Republik Dominika, Grenada, Montserrat, St. Kitts, St. Lucia, St. Vincent, dan Turks and Caicos.

Negara Uni Eropa memiliki nomor telepon darurat yang universal, '112'. Nomor '112' ini termasuk berlaku di Rusia dan Swiss dan beberapa negara non Uni Eropa. Inggris juga menggunakan nomor telepon darurat '112' tapi juga memiliki nomor telepon darurat sendiri di '999'.

Baca juga:

Melancong ke Luar Negeri? Situs Rental Mobil Ini akan Memudahkan Kamu Menyewa Mobil di Negara Orang Lain

Enggak semua operator layanan darurat menggunakan bahasa Inggris (Foto: Pexels/Pixabay)

Ada dua negara yang memiliki dua nomor telepon darurat. Contohnya Jamaika, nomor darurat di negara ini '110' dan '119'. Begitu pula di Filipina. Negara di Asia Tenggara ini mengunakan angka '116' dan '177' sebagai nomor telepon darurat mereka.

Rupanya enggak semua negara memiliki nomor telepon darurat berjumlah tiga digit. Misalnya Afrika Selatan. Negara ini memiliki dua nomor darurat yang menggunakan lima digit angka, yaitu '10177' dan '10111'.

Perlu kamu ingat juga, di negara yang enggak menggunakan bahasa Inggris. Operator layanan daruratnya biasanya enggak berbicara menggunakan bahasa Inggris. Tapi enggak ada salahnya jika kamu menyimpan beberapa nomor telepon darurat negara asing di ponsel kamu untuk berjaga-jaga kalau terjadi sesuatu. (ikh)

Baca juga:

Melancong Berminggu-Minggu? Jangan Lupa Persiapkan Hal Ini

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH