Penting! Sebelum Membeli Headphone Perhatikan Hal Ini Membeli headphone tidak bisa sembarangan (Foto: Pexels/SplitShire)

KAMU yang hidup di zaman serba canggih pasti tidak bisa lepas dari gawai. Banyak hal yang bisa dilakukan melalui gawai, dari bermain game, hingga tentunya mendengarkan Lagu. Apalagi lagu yang bisa kamu simpan juga mencapai ratusan, bahkan ribuan. Tergantung kapasitas memori gawai kamu. Bahkan kamu juga bisa menambahkan memori eksternal.

Mendengarkan musik melalui gawai sepertinya jarang deh ada yang mendengarkan secara langsung. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan headphone. Bukan sekadar kualitas suara yang lebih terdengar. Kamu pasti menggunakan headphone agar kamu sendiri yang bisa mendengarkan lagu, jadinya lebih intim. Selain itu tidak enak juga kalau mengganggu orang lain bukan? Terlebih lagi selera musik setiap orang berbeda.

Menggunakan headphone memang praktis dan menjadi kebutuhan wajib. Entah digunakan saat menuju kantor atau sekadar mendengarkan lagu di kamar. Pokoknya mendengarkan musik lebih asyik dengan headphone.

Tapi kamu tidak bisa sembarangan membeli headphone. Headphone bukan sekadar menghasilkan suara di telinga secara langsung. Menurut laman iStyle, ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum membeli headphone. Supaya kamu tidak salah beli dan kamu bisa membeli headphone dengan kualitas bagus. Apa saja hal penting itu? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Perhatikan ukuran

Ukuran adalah yang terpenting dalam memilih headphone (Foto: Pexels/Burst)

Jangan sampai salah pilih ukuran. Kalau kebesaran ataupun kekecilan headphone tidak akan nyaman digunakan. Karena itu kalau bisa jangan membelinya di toko daring ya. Kamu harus melihat langsung ukurannya agar kamu tidak kecewa setelah membeli. Pilih ukuran headphone yang menutupi setidaknya 95% telinga kamu. Sehingga bukan sekadar nyaman dipakai, tapi kamu bisa memakainnya untuk jangka waktu yang lama. Sekarang ini sudah banyak kok beragam toko aksesoris elektronik di mall.

2. Pilih driver yang besar

Kamu akan betah lama menggunakan headphone dengan driver besar (Foto: Pexels/bruce mars)

Ini nih yang bisa membuktikan kualitas headphone yang kamu beli. Kalau ingin mendapatkan kualitas suara yang bagus kamu harus beli headphone dengan driver yang besar. Driver dapat meningkatkan bass, mid dan treble pada aliran musik tertentu. Semakin besar driver pada headphone, semakin mantap kualiatas suara yang dihasilkan. Dijamin deh kamu bakal betah berlama-lama mendengarkan lagu. Eits tapi jangan terlalu lama juga ya, kasihan telinga kamu lho!

3. Respon frekuensi

Kamu bisa mengetahui besar bass dan treble melalui frekuensi respon (Foto: Pexels/Parag Deshmukh)

Selanjutnya kamu harus memperhatikan respon frekuensi pada headphone. Angka frekuensi respon menunjukkan seberapa luas driver headphone dapat memproduksi frekusensi suara. Respon frekuensi ini memiliki ukuran dalam bentuk hertz (Hz), angka kecil artinya bass dan angka besar artinya treble. Sehingga kamu harus paham betul berapa frekuensi yang dihasilkan headphone. Tapi semua tergantung selera musik kamu juga sih. Kalau aliran musik kamu banyak memainkan bass, headphone dengan respon frekuensi rendah adalah pilihan tepat.

4. Fitur wireless dan bluetooth

Headphone wireless enggak ribet dengan kabel (Foto: Pexels/FOX)

Agaknya sangat ribet dan mengganggu kalau menggunakan headphone dengan kabel. Beruntung perkembangan teknologi juga berdampak terhadap headphone. Sekarang ini sudah banyak headphone yang dilengkapi dengan fitur wireless dan bluetooth. Karena itu, sebaiknya kamu pilih headphone jenis wireless yang dilengkapi bluetooth. Kamu enggak perlu pusing lagi deh memberikan jarak gawai dengan headphone sepanjang kabel. Gawai kamu simpan di dalam tas pun tidak masalah. Tapi kamu juga harus memperhatikan ketahanan baterai ya, karena headphone wireless menggunakan baterai yang dicharge.

5. Pilih bahan yang lembut

Pilih headphone berbahan lembut untuk jogging (Foto: Pexels/Life Of Pix)

Nah enggak jarang nih banyak yang menggunakan headphone saat jogging pagi atau sore. Sambil mendengarkan musik jogging tidak terlalu melelahkan. Pikiran akan teralihkan dengan alunan musik yang kamu dengar. Selain jogging, headphone juga sering digunakan saat fitness. Karenanya, pilihlah headphone berbahan lembut dan anti keringat, yaitu bahan sweat resistant. Bahan ini akan memblokir kelembapan dari keringat. Pilih juga yang memiliki bantalan karet lembut agar tidak melukai telinga.

Itulah hal yang perlu diperhatikan saat membeli headphone. Jangan sampai salah pilih headphone ya Sahabat Merah Putih! (Ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Ponsel Lambat? Ini Penyebabnya

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH