Otomotif
Komponen Mobil yang Wajib Dicek sebelum Mudik Kenali komponen mobil yang wajib diperhatikan sebelum mudik lebaran (Foto: pixabay/dimitrisvetsikas1969

MOBIL yang akan dipakai untuk perjalanan mudik wajib dipersiapkan dengan matang. Adapun tujuannya adalah agar performa mobil terjaga selama perjalanan panjang mudik. Dengan begitu, perjalanan kamu akan terasa aman dan nyaman.

Untuk persiapan mudik, Auto2000 merekomendasikan pada para calon pemudik untuk melakukan pengecekan sejumlah komponen mobil, untuk memastikan kelancaran perjalanan bersilaturahim ke sanak saudara.

Baca Juga:

Ini Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal Dibanding Konvensional

Komponen pertama yakni ban mobil. Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan, sehingga kondisinya wajib diperhatikan. Pastikan ban dalam kondisi siap kapai. Dari mulai telapak ban belum aus, dinding ban tidak sobek atau benjol, dan tekanan angin terjaga.

. Ban merupakan komponen mobil yang bersinggungan langsung dengan jalan, sehingga kondisinya wajib diperhatikan (Foto: pixabay/jjdesign35)

Ban yang telah aus lebih baik diganti. Karena, kamu tidak tahu seperti apa kondisi jalan yang akan kamu lalui nanti. Ditambah lagi mobil diisi muatan penuh, yang membuat ban harus bekerja keras menopang dan mengendalikan laju mobil.

Komponen kedua yakni Oli Mobil. Periksa kondisi dari mulai oli mesin, oli transmisi hingga oli gardan. Karena, oli merupakan cairan yang sangat dibutuhkan untuk pelumas antara komponen bergerak pada mesin, serta sistem penggerak lainnya.

Apabila kamu tidak memeriksanya dan kondisi oli ternyata sudah tidak layak pakai atau habis, maka mobil kamu bisa bermasalah di jalan, dan mengalami kerusakan yang sangat parah. Sebaiknya, ganti semua oli dengan yang baru sekaligus servis berkala.

Komponen ketiga yaitu filter mobil. Penting untuk mengecek seluruh saringan atau filter pada mobil. Dari mulai filter oli, filter udara, filter bensin, hingga filter kabin/AC. Peran filter tak bisa dianggap enteng, karena berfungsi sebagai penyaring kotoran yang mengganggu.

Adapun dampak buruk filter tidak diganti seperti oli, bensin, serta udara yang terkontaminasi kotoran, hingga menggangu kerja mesin. Seperti halnya filter kabin, bila tidak diganti bisa mengakibatkan udara AC yang berembus menjadi kotor, serta bisa mengakibatkan saluran AC mampat.

Komponen keempat yakni shock absorber mobil. Jangan lupa untuk mengecek komponen peredam guncangan atau shock absorber. Karena, ketika perjalanan mudik sektor ini cukup punya peran penting dalam mejaga kenyamanan penghuni kabin. Kamu bisa konsultasikan shock absorber mobil kamu ke bengkel terdekat.

Baca Juga:

Cara Jitu Ini Ampuh Tepis Rasa Kantuk Saat Mudik Dengan Kendaraan Pribadi

Komponen kelima yaitu rem mobil. Kamu wajib memeriksa komponen rem, dari mulai mgencek minyak rem. Apabila jumlah minyak rem pada mobil berkurang, segerala ditambah. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada selang yang ditandai adanya rembesan pada sambungan atau lekukan. Kemudian cek juga kondisi kampas rem, bila sudah aus maka segera diganti dengan yang baru.

Pengecekan lampu penting dilakukan untuk keselamatan berkendara di malam hari (Foto: pixabay/ulleo)

Komponen keenam yaitu lampu-lampu mobil. Kamu tentu tidak mau ketika jalan malam tiba-tiba lampu mobil kamu mati. Karena itu, periksa kondisi lampu mobil kamu, dari mulai lampu utama, lampu rem, lampu kabut, hingga lampu sein.

Apabila lampu sudah mulai redup, maka segera ganti yang baru agar penerangan kamu berfungsi dengan baik. Kemudian, cek juga soket lampu, bila kondisinya sudah tidak bagus, segera ganti guna menghindari lampu mati dalam perjalanan. Tak hanya itu, bawa juga lampu cadangan, khususnya lampu utama dan lampu rem belakang.

Koomponen ketujuh yaitu cairan mobil. Periksa air radiator yang berfungsi sebagai pendingin agar temperatur mesin stabil, khususnya saat perjalanan jauh. Pastikan pula air pada tangki air radiator tidak kurang dari batas maksimal, dan tidak ada kebocoran pada salurannya.

Periksa juga air washer yang befungsi membantu wiper untuk membersihkan kaca depan agar pandangan pengemudi tetap terjaga. Kemudian, bagi pengguna mobil manual, pastikan minyak kopling dalam kondisi baik dan tidak bocor.

Selanjutnya, komponen yang kedelapan yaitu aki mobil. Komponen ini sangat penting mengingat aki merupakan salah satu sumber utama kelistrikan mobil yang harus dijaga. Selain itu, ada pula risiko masalah seperti korsleting listrik, apabila sampai tidak dirawat. Karena, apabila kehilangan daya listrik dalam perjalanan, bisa membuat mobil kamu mogok atau mesin mobil tidak bisa dihidupkan. (Ryn)

Baca Juga:

Rekomendasi Oleh-oleh Mudik Lebaran yang Ciamik untuk Orang Terkasih

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
MYRNE Ceritakan Perjalanan Menemukan Kedamaian Melalui EP 'Circles'
ShowBiz
MYRNE Ceritakan Perjalanan Menemukan Kedamaian Melalui EP 'Circles'

MYRNE mengakhiri rangkaian perilisan single terbarunya dengan merilis sebuah EP berjudul Circles.

Produser Sebut 'Black Adam' Masih Syuting
Fun
Produser Sebut 'Black Adam' Masih Syuting

Proses syuting baru selesai beberapa hari lagi.

'Mas' Boy, Ikon Remaja Di Era 90-an
Fun
'Mas' Boy, Ikon Remaja Di Era 90-an

Karakter Boy sangat populer di kalangan anak muda pada masanya.

Selain Hemat, Memasak juga Bisa Mempererat Hubungan
Fun
Selain Hemat, Memasak juga Bisa Mempererat Hubungan

Memasak dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Mengintip Kolaborasi Thomas Ramdhan dan The Candle Light Children
ShowBiz
Mengintip Kolaborasi Thomas Ramdhan dan The Candle Light Children

The Candle Light Children merilis lagu kolaborasi bersama Thomas Ramdhan yang berjudul 'Be Honest'

Debut Aktor, Penampilan Kang Daniel jadi Siswa Kepolisian
ShowBiz
Debut Aktor, Penampilan Kang Daniel jadi Siswa Kepolisian

Drama terbaru Kang Daniel jadi polisi

Ekspansi Terbaru World of Warcraft Diumumkan pada April 2022
Fun
Ekspansi Terbaru World of Warcraft Diumumkan pada April 2022

Activision Blizzard akan memberikan linimasa update pada gim teranyarnya untuk 2022.

Moms! Penting Mendamaikan Diri Sebelum Mengasuh Anak
Hiburan & Gaya Hidup
Moms! Penting Mendamaikan Diri Sebelum Mengasuh Anak

pentingnya berdamai dengan diri sendiri

Cheat Codes Tutup Trilogi Album Hellraisers
ShowBiz
Cheat Codes Tutup Trilogi Album Hellraisers

Tampilkan nuansa musik ala klub malam.

Dewa United x Bigetron, Hadirkan Kompetisi Antar Komunitas
Fun
Dewa United x Bigetron, Hadirkan Kompetisi Antar Komunitas

Bertukar pengalaman dan adu strategi terbaik.