Kesehtan

Penting, Edukasi Kesehatan Gigi

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 26 November 2023
Penting, Edukasi Kesehatan Gigi
Maesa Dental Clinic tak hanya tangani keluhan gigi, tapi juga beri edukasi kesehatan gigi.(foto: Merahputih.com/Aqil Baihaqi)

KESEHATAN gigi acap diabaikan. Padahal, seperti bagian tubuh lain, kesehatan gigi juga wajib dijaga. Pastilah terasa amat tak nyaman kala kamu mengalami sakit gigi setelah abai merawat kesehatan gigi.

Owner dan founder Maesa Dental Clinic Drg Maesa Uswa Eastyqoma mengatakan kebanyakan orang sekarang lupa dengan kesehatan gigi. "Padahal kesehatan gigi itu sangat penting," ujarnya pada acara Grand Opening Maesa Dental Clinic di Senopati, Jakarta Selatan, Minggu (26/11).

BACA JUGA:

Atasi Gigi Ngilu dengan Cara Sederhana Ini

Maesa menyebut kebayakan pasien yang datang ke dokter gigi hanya ingin menyembuhkan penyakit mereka dan pulang tanpa tahu apa-apa. "Di Maesa Dental Clinic ini, saya memiliki misi untuk membuat pasien tidak hanya sembuh, tetapi juga teredukasi. Jadi mereka pulang ke rumah tidak dengan tangan kosong. Mereka pulang membawa ilmu," jelasnya.

maesa dental clinic
Maesa Dental Clinic membuka cabang terbaru di Senopati, Jakarta Selatan.(foto: Merahputih.com/Aqil Baihaqi)

Menurutnya, mereka yang tidak teredukasi dengan baik tentang kesehatan gigi secara umum malah lebih memilih untuk menyembuhkan gigi mereka ke bukan ahlinya. Hal itu disebabkan faktor harga yang murah dan cepat. Hal itu juga menjadi hal yang ingin disoroti Maesa Dental Clinic. "Kebanyakan orang yang tidak teredukasi itu biasanya suka pilih yang murah dan cepat. Namun, kita kan belum tahu apakah orang yang menanganinya memiliki pemahaman yang mumpuni, dan apakah alat yang digunakan sudah sesuai standar apa belum," tambahnya

Oleh karena itu, ia menyarankan kamu yang punya masalah gigi untuk memeriksakannya ke dokter gigi terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. "Dalam pengalaman saya, teman saya yang pergi ke tempat yang 'abal-abal' malah giginya makin parah. Setelah saya tanya harganya sama saja dengan ke dokter," imbuhnya.

BACA JUGA:

Noda Ekstrinsik dan Intrinsik, Penyebab Gigi Kuning

Pengalaman serupa diungkap presenter dan news anchor Ratu Nabila. "Dulu pipi aku gede sebelah. Aku mengira ada yang bengkak. Makanya aku dulu pergi ke akupunktur tetapi enggak ada hasil. Setelah aku hibungi Maesa, ternyata itu karena aku makan cuma pakai satu sisi gigi. Bengkak itu disebabkan gigi sebelahnya enggak dipakai, jadi malah banyak karangnya," ucapnya.

Dalam sesi perawatan di Maesa Dental Clinic, ia diberi edukasi tentang pentingnya mengunyah makanan di kedua sisi. Nabill menyarankan untuk melakukan perawatan gigi setidaknya setiap ena mbulan sekali. Hal itu mengingat penyakit gigi dapat mengganggu aktivitas kerja. "Setidaknya periksa gigi enam bulan sekali. Soalnya kalau sakit gigi nanti kita kerja juga enggak enak. Apalagi kalau kita lagi ketemu orang penting, kan jadi enggak percaya diri," jelasnya.

maesa dental clinic
Di Maesa Dental Clinic, pasien juga diedukasi tentang kesehatan gigi.(foto: Merahputih.com/Aqil Baihaqi)

Sebelum melakukan tindakan Maesa Dental Clinic akan memberi edukasi terlebih dahulu agar pasien paham dengan penyakitnya. Hal itu merupakan SOP dari semua cabang Maesa Dental Clinic. "Sebelum melakukan tindakan kepada pasien, semua dokter akan mengedukasi pasiennya biar dia paham dengan penyakitnya dan cara untuk menjaga giginya enggak sakit lagi. Jadi wajar ya kalau dokternya agak sedikit bawel," candanya.

Maesa Dental Clinic sudah memiliki tiga cabang yaitu di Gading Serpong, Pamulang, dan yang terbaru di Senopati. Waktu operasional klinik ini mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 21.00 setiap Senin hingga Minggu.(aqb)

BACA JUGA:

Pakar Gigi: Rontgen Gigi Tak Perlu Lagi Baju Pelindung

#Kesehatan #Gigi #Dokter Gigi #Perawatan Gigi
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan