Pentas Musik Indonesia Bikin Warga Roma Terpukau Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani menyampaikan sambutan (Foto: KBRI Roma)

MerahPutih.Com - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Roma menggelar pentas musik Indonesia yang bertajuk "Festa della Musica: Sempre Estate in Indonesia" guna memperkenalkan budaya Indonesia kepada warga Italia khususnya di kota Roma.

Sekitar 300 warga Roma mengikuti dan menyaksikan pentas musik dengan latar tema "East meets West" tersebut. Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (25/6), pertunjukan musik berbalut budaya itu mendapat sambutan antusias dari para penonton.

Pesta musik itu diselenggarakan sebagai bagian program tahunan Pemerintah Kota Roma. Acara itu menghadirkan suasana Indonesia di tengah ibukota Italia itu.

Penampilan musik Angklung di KBRI Roma
Penampilan musik Angklung di KBRI Roma (Foto: KBRI Roma)

Pertunjukan musik "East meets West" menampilkan perpaduan instrumen tradisi nusantara dengan alat musik internasional yang secara harmonis membawakan lagu-lagu daerah Indonesia maupun internasional.

Band Dwiloka asuhan KBRI Roma menghadirkan permainan saksofon, terompet, bas gitar, perkusi nusantara serta vokal dari pejabat dan staf KBRI Roma.

Permaianan drum oleh pemain drum profesional Jovano Jonathan dari Jakarta berpadu dengan permainan gamelan Bali oleh Matteo dan Rudgero, dua mahasiswa Italia di Roma, membawakan lagu-lagu kenamaan baik dari Indonesia maupun Italia.

Selain itu, perpaduan permainan gamelan dan angklung ditampilkan pada medley lagu daerah Indonesia.

Sejumlah pengisi acara Pentas Musik Indonesia
Para pengisi acara pentas musik Indonesia di Roma (Foto: KBRI Roma)

Selanjutnya, tampil pula grup musik Italia, Mata Project, yang membawakan musik elektronik berpadu oriental dengan lirik lagu dalam bahasa Indonesia. Mereka tampil diiringi tarian tradisi kontemporer bernuansa Jawa Tengah oleh Pinkan, seorang pelajar Indonesia di Roma.

Puncak dari pesta musik Indonesia itu adalah permainan pianis jazz kenamaan Indonesia, Nial Djuliarso, yang khusus hadir ke Roma untuk acara itu. Nial Djuliarso tampil secara individu pada bagian awal, kemudian berkolaborasi dengan Dwiloka, ditutup dengan lagu Indonesia Pusaka yang dinyanyikan secara beramai-ramai dengan pengunjung.

Duta Besar RI untuk Italia, Esti Andayani sebagaimana dilansir Antara, mengharapkan kegiatan itu dapat semakin membawa warga Roma lebih mengenal seni budaya nusantara dan semakin terdorong untuk berkunjung ke Indonesia.

Festa della Musica merupakan kegiatan tahunan di berbagai kota Italia yang diselenggarakan dalam rangka menyambut datangnya musim panas. Pertunjukan musik digelar di berbagai wilayah secara terbuka dan tanpa biaya bagi publik.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Sejumlah Lembaga Islam Indonesia Hadiri Konferensi Islam Moderat di Irak



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH