Penjualan Eceran Bakal Membaik di 3 Bulan Mendatang

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Rabu, 08 Juli 2020
Penjualan Eceran Bakal Membaik di 3 Bulan Mendatang
Ilustrasi Uang. (Foto: Antara).

MerahPutih.com - Survei penjualan eceran Bank Indonesia pada Mei 2020 menunjukkan penurunan penjualan eceran. Penurunan penjualan bersumber dari kontraksi penjualan di seluruh kelompok komoditas yang dipantau. Penurunan terdalam pada subkelompok sandang serta kelompok barang budaya dan rekreasi

Data menunjukan, indeks penjualan riil (IPR) yang turun 20,6 persen (yoy), lebih dalam dibandingkan penurunan 16,9 persen (yoy) pada April 2020.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko meyakini, kinerja penjualan eceran diprakirakan sedikit membaik pada Juni 2020 meskipun masih dalam fase kontraksi.

Baca Juga:

Depok Kembali Perbolehkan Ojol Angkut Penumpang

Kondisi tersebut, tercermin dari prakiraan pertumbuhan IPR sebesar minus 14,4 persen(yoy) Juni 2020, tidak sedalam kontraksi penjualan pada bulan sebelumnya.

"Perbaikan kinerja penjualan eceran terutama terjadi pada kelompok makanan, minuman dan tembakau dan bahan bakar kendaraan bermotor," katanya.

Bank Indonesia
Bank Indonesia. (Foto: Antara).

Ia menjelaskan, dari sisi harga, tekanan inflasi pada tiga dan enam bulan mendatang (Agustus dan November 2020) diprakirakan menurun. Tekanan tersebut, disebabkan responden cenderung masih menjaga harga jual untuk mempertahankan level permintaan.

BI memprediksi indeks ekspektasi harga umum (IEH) tiga dan enam bulan mendatang (Agustus dan November 2020) masing-masing sebesar 138,6 dan 142,5, lebih rendah dibandingkan dengan 162,4 dan 146,4 pada Juli dan Oktober 2020.

Baca Juga:

Menangnya Rachmawati Soekarnoputri di MA Tak Punya Impikasi Yuridis ke Jokowi

#Ekonomi Indonesia #Bank Indonesia
Bagikan
Bagikan