Penjual Senjata Api ke dr Helmi Terancam Hukuman Seumur Hidup Dokter Helmi diapit petugas saat akan menjalani pemeriksaan. (MP/Angga Yudha Pratama)

MerahPutih.com - Dua orang pelaku yang menjual senjata api terhadap dr Helmi, Robby Yogianto dan dr Sonny Sujatno terancam pidana seumur hidup.

"Keduanya tak mempunyai izin. Ancaman pidana seumur hidup," ujar Direskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Nico Afinta, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (1/12).

Kedunya, ditangkap secara terpisah oleh jajaran Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Saat dilakukan pengembangan, dari rumah dr Sonny di kawasan Surabaya, ditemukan ratusan pucuk senjata rakitan beserta ribuan amunisinya.

Keduanya, kata Nico, dikenakan Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Senjata Api Terhadap Pelaku Penyalahgunaan Senjata Api Replika (Airsoft Gun). Keduanya terbukti tak mengantongi izin untuk memperjualbelikan atau memiliki senjata api.

"Kami akan meminta Intel bahwa ini enggak ada izinnya menjual senjata api. Ini tindak pidana yang berat sekali," tehas Nico.

Untuk diketahui, Robby membeli senjata api jenis revolver colt cobra dari dr Sonny seharga Rp 10 juta. Selanjutnya, oleh Robby senjata api itu dijual ke dr Helmi Rp 20 juta. Kepada Sonny, Robby mengaku sebagai anggota Polda Jawa Timur.

"Dia mengaku sebagai anggota Polri yang berdinas di Polda Jatim. Dia menyampaikan akan menjualnya kepada seorang anggota (aparat)," ujar Kasubdit Jatantas Ditreskrimum Polda Metro Jaya, AKBP Hendy F Kurniawan dalam keterangan tertulisnya. (Ayp)

Kredit : anggayudha

Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH