Penjelasan PSSI Terkait Sanksi Persib Akibat Koreo Save Rohingya Koreo Save Rohingya dari Bobotoh (@footballindnews)

MerahPutih.com - Komite Disiplin (Komdis) PSSI menjatuhkan sanksi terhadap Persib karena ulah bobotoh melakukan koreo bertajuk Save Rohingya pada Pertandingan Persib Bandung vs Semen Padang FC, di Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Sabtu (9/9) lalu.

Menurut Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria, menyikapi aksi solidaritas itu PSSI menjatuhkan sanksi denda Ro 50 juta kepada Persib berdasarkan ketentuan dalam Pasal 67.3 dari Kode Disiplin PSSI yang diterapkan sesuai dengan Kode Disipliner FIFA.

Dalam ketentuan yang berlaku secara global tersebut, FIFA menentukan bahwa pemaparan simbol politik dalam bentuk apapun dianggap sebagai tindakan yang tidak sesuai (improper conduct), yang dapat dikenakan sanksi.

"FIFA tidak memberikan penjelasan secara rinci mengenai unsur apa saja yang dapat dikategorikan sebagai hal yang bersifat politis. Dengan demikian, jawaban dari pertanyaan itu bisa diformulasikan dengan merujuk pada preseden FIFA dalam menjatuhkan sanksi," katanya dalam keterangan resmi yang dimuat di laman PSSI, Senin (18/9).


Tags Artikel Ini

Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH