Penjelasan Mourinho Soal Sosok di Balik Kemenangan Liverpool Atas Barcelona Jurgen Klopp (Twitter Liverpool)

MerahPutih.com - Kemenangan fantastis Liverpool atas Barcelona dalam leg kedua Liga Champions di Stadion Anfield, Rabu (8/5) Wib mendapat perhatian khusus dari mantan manajer Manchester United Jose Mourinho. Menurut dia kemenangan The Reds tak lepas dari peran satu orang: Jurgen Klopp.

Liverpool membuat kejutan. Kalah 3-0 pada duel pertama, Jordan Henderson dan kawan-kawan berbalik unggul empat gol tanpa balas pada leg kedua.

Lolosnya Liverpool ke final di luar prediksi banyak pihak. Selain sudah tertinggal agregrat 3-0 pada pertemuan pertama, mereka juga tidak diperkuat Roberto Firmino dan Mohamed Salah. Keduanya cedera.

Jose Mourinho menyanjung peran Jurgen Klopp pada kemenangan itu. The Special One menilai Klopp pantas membawa Liverpool melaju ke final.

BACA JUGA: 4 Rekor 'Comeback' Tertinggal 3 Gol Liga Champions, Barcelona Paling Apes

BACA JUGA: Liverpool Menang Dramatis, Klopp Singgung Ajakan Berjudi

Jurgen K/opp
Jurgen Klopp

"Saya harus mengatakan comeback ini punya satu nama. Jurgen Klopp. Saya pikir ini bukan tentang taktik atau filosofi, namun hati, jiwa dan empati yang ia ciptakan dengan klub tersebut," jelas Mourinho seperti dilaporkan SPORTS.

"Mereka punya risiko menyelesaikan musim yang fantastis tanpa merayakan apa pun. Sekarang, mereka selangkah lagi akan menjadi juara Eropa. Saya pikir Jurgen Klopp pantas mendapatkannya,” imbuhnya.

Klopp mulai menukangi Liverpool pada Oktober 2015. Sejauh ini, manajer 51 tahun tersebut belum membawa The Reds meraih gelar. Kini, selain Liga Champions, Mohamed Salah dan kawan-kawan juga berpeluang memenangi Premier League.

BACA JUGA: Ketika Messi Ditinggal Bus Rombongan Barcelona dan Valverde Ogah Bersilat Lidah

"Pekerjaan yang mereka lakukan di Liverpool sangat fantastis. Saya pikir ini tentang dia. Ini adalah cerminan kepribadian, tidak pernah menyerah, semangat juang, setiap pemain memberikan segalanya," timpalnya.

"Dia tidak menangis karena kehilangan pemain atau bermain 50 hingga 60 pertandingan per musim. Pelatih di liga lain mengatakan Liverpool melakoni banyak pertandingan. Semua hal tentang hari ini adalah karena mental Klopp."

"Saya ulangi, Jurgen Klopp adalah orang yang bertanggung jawab atas pencapaian ini dari kepribadiannya yang fantastis. Liverpool ada di sana dan sangat percaya," ungkapnya. (*)



Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH