Penjelasan Dokter Soal Vaksin Difteri Dokter Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), Anwar Budiman. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Dokter Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI), Anwar Budiman mengungkapkan kegunaan dari vaksin difteri yakni untuk melindungi badan manusia dari bahaya wabah difteri.

Namun kata Anwar, guna terhindar dari infeksi difteri tersebut masyarakat harus rutin untuk melakukan vaksinasi.

"Vaksin difteri ini kalau vaksinasinya teratur selama tiga kali beruntuk melindungi badan kita sendiri dari infeksi difteri itu sendiri," kata Anwar saat menggelar vaksinasi difteri di Wisma Siti Mariam Kedoya, Jakarta Barat, Minggu (14/1) pagi.

Menurut dia, difteri itu berbahaya karena kuman difteri mengeluarkan toksin langsung menyerang ke otot jantung yang mengakibatkan miokarditis itu berbahaya.

"Penyebab difteri kuman yang dinamakan korin atrium difteri penyebabnya dari bakteri udara," jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua INTI Jakarta ini juga mengaku pihaknya akan menggelar vaksinasi difteri di seluruh wilayah di Jakarta.

"Di usahakan dan semoga bisa untuk wilayah wilayah lain ini kan sekarang wilyah Barat semoga bisa wilayah Utara, Pusat semua," tutupnya. (Asp)

Seperti diketahui acara vaksinasi difteri tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama pejabat Pemprov DKI.

Acara tersebut telah digelar pada pukul 08.30 WIB, sampai saat ini masyarakat masih mengantri untuk mendapatkan vaksinasi wabah difteri itu. (Asp)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH