Penjelasan Dinkes DKI Beri Pelayanan Perawatan Peserta Aksi Massa 22 Mei

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 21 Mei 2019
Penjelasan Dinkes DKI Beri Pelayanan Perawatan Peserta Aksi Massa 22 Mei
Ilustrasi: Aksi Demo di depan Bawaslu (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti menampik bila pihaknya mendukung pergerakan aksi massa people power pada 22 Mei yang memprotes penyelenggara pemilu mengenai hasil Pemilu serentak 2019.

Widyastuti mengatakan bahwa pihaknya sering memberikan bantuan pelayanan jika ada kegiatan yang mendatangkan massa yang jumlahnya besar.

"Memang Dinkes DKI tupoksinya menjalankan dukungan kesehatan untuk peristiwa apa pun, termasuk pemilu. Kemarin Asian Games juga, pertandingan bola juga, besok Lebaran kami juga. Jadi kami sudah berbagi tim," ujar Widyastuti di Jakarta, Selasa (21/5).

BACA JUGA: Demo 22 Mei, Dinkes Jakarta Siaga di 25 Titik Rawan

Mengenai pelayanan perawatan pada 22 Mei, lanjut dia, pihaknya menerima permintaan resmi dari KPU untuk menyediakan dukungan kesehatan.

"Tetapi ada permintaan resmi dari KPU untuk dukungan kesehatan. Kami sudah mulai sejak tanggal 17, bukan berarti kami fasilitasi (aksi massa)," jelasnya.

Ilustrasi Dokter (MerahPutih/Alfi Rahmadhani)
Ilustrasi Dokter (MerahPutih/Alfi Rahmadhani)

Widyastuti juga memastikan jika surat edaran yang viral di media sosial terkait pemberian pelayanan saat KPU umumkan hasil pemilu 2019 pada 22 Mei.

Menurut dia, tak ada yang perlu dipermasalahkan soal dukungan kesehatan ini lantaran jajarannya mengacu pada Undang-undang Kesehatan Nomor 36 Tahun 2009, Permenkes 64 Tahun 2013, serta Surat Edaran Dirjen Pelayanan Kesehatan Kemenkes RI tentang Koordinasi Bidang Kesehatan dalam rangka kesiapsiagaan pengumuman hasil Pemilu 2019.

BACA JUGA: Diancam Bakal Dibom Pada 22 Mei, Ketua KPU Tegaskan Tetap Fokus Kerja

Nantinya Dinkes DKI mengerahkan tim kesehatan yang siaga di 25 titik rawan aksi demonstrasi pada 22 Mei. Tersedia pula 82 unit ambulans dengan 42 puskesmas dan 32 RSUD. Total tenaga medis berjumlah 82 dokter, 173 perawat, dan 82 pengemudi. (Asp)

#Bawaslu #Dinas Kesehatan #Makar
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan