Penjelasan Cedera Dislokasi Bahu dan Tipisnya Peluang Salah Main di Piala Dunia Mohamed Salah mengerang kesakitan. Foto: Alarabiya

MerahPutih.com - Mohamed Salah mengalami nasib buruk ketika tampil di Liga Champions. Pemain asal Mesir itu hanya bermain selama 30 menit setelah di 'smack down' oleh Sergio Ramos.

Dirinya meringis kesakitan sambil memegang bahunya. Salah pun tidak bisa melanjutkan pertandingan. Saat keluar lapangan, eks Chelsea itu meneteskan air mata.

Duel Mo Salah dengan Sergio Ramos. Foto: Reuters

Setelah dilakukan pemeriksaan awal, pemain 25 tahun itu mengalami diskolasi bahu. Cedera itu karena Salah tidak jatuh dengan sempurna ketika berduel dengan Ramos. Salah terancam absen di Piala Dunia 2018.

Lalu, apa itu dislokasi bahu?

Diskolasi bahu terjadi saat tulang atas keluar dari soket berbentuk cangkir yang merupakan bagian dari tulang belikat.

Cedera Mo Salah

"Bahu adalah salah satu sendi yang paling mudah mengalami dislokasi karena bola tulang sendi anda berlokasi di persendian yang sangat dangkal," tulis National Health Service (NHS) seperti dikutip dari independent.co.uk.

Apa yang terjadi dengan Salah selanjutnya?

Pemain asal Mesir itu ditangani oleh tim medis Liverpool di dalam lapangan dan dinyatakan tidak bisa melanjutkan pertandingan.

Mo Salah

Salah dibawa ke rumah sakit di Kiev untuk menjalani pemeriksaan X-Ray guna mengetahui keadaan serta arah dislokasi bahunya.

Seberapa lama penyembuhan cedera diskolasi bahu?

Masih menurut National Health Service, bagi pemain yang mengalami cedera diskolasi bahu harus beristirahat selama 12-16 pekan untuk sembuh total.

"Dislokasi bahu membutuhkan waktu 12-16 pekan untuk sembuh seelah bahu dikembalikan ke tempatnya semula," sambung NHS.

Tiga minggu lagi, Piala Dunia 2018 akan segera bergulir. Mesir akan menghadapi Uruguay di laga kedua sehari setelah pembukaan.

Salah dibawa keluar lapangan

Mo Salah bakal mendapatkan perawatan kelas wahid dan kemungkinan cedera yang dialami mantan pemain FC Basel itu akan pulih dalam sebulan. Namun, Salah belum bisa mengikuti latihan dalam beberapa hari ke depan.

Mantan bek Liverpool, Jamie Carragher, pernah menderita dislokasi bahu pada musim 2010/11 dan cedera ini membuatnya absen selama dua bulan.

Akankah Salah bermain di Piala Dunia?

Timnas Mesir kemungkinan besar tetap akan membawa Salah ke Piala Dunia 2018

Tetapi, peluang pencetak gol terbanyak Liga Primer Inggris ini untuk tampil di lapangan begitu tipis pada tahap ini. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH