Penjelasan BNPB Terkait Penyebab Terjadinya Hujan Es di Depok Hujan es. Foto: Twitter

MerahPutih.com - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) membenarkan adanya fenomena hujan es terjadi di wilayah Depok, Jawa Barat, pada Selasa (20/3) sore.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan fenomena hujan es biasa terjadi di peralihan musim.

"Proses pembentukan awan, partikel kita menyebut istilah parsel udara ketika dia naik akibat proses konveksi naik ke atas. Ketika sampai kondisinya sangat jenuh berubah menjadi butir-butir awan, itu akan tumbuh. Kalau proses konvektif di dasar kuat di bawah, awan makin tebal komponen es semakin besar," kata Sutopo saat dikonfirmasi merahputih.com, Selasa (20/3)

Menurut dia, hujan es terjadi pada saat hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang dengan durasi singkat.

"Fenomena ini lebih banyak terjadi pada masa transisi atau pancaroba musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya," tuturnya

Sedangkan indikasi terjadinya hujan es disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat satu hari sebelumnya udara pada malam hari hingga pagi hari terasa panas dan gerah.

"Udara terasa panas dan gerah akibat adanya radiasi matahari yang cukup kuat ditunjukkan oleh nilai perbedaan suhu udara antara pukul 10.00 dan 07.00 LT (> 4.5°C) disertai dengan kelembapan yang cukup tinggi ditunjukkan oleh nilai kelembapan udara di lapisan 700 mb (> 60%)," pungkasnya. (Asp)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH