Penjelasan BMKG Suara Dentuman Terdengar di Jaksel dan Jaktim Ilustrasi - Petir. (ANTARA Foto/Eric Ireng)

MerahPutih.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menanggapi laporan warga Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang mendengar adanya beberapa suara dentuman pada Minggu (20/9) malam, sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, BMKG tidak ingin berspekulasi terkait sumber suara dentuman yang terdengar di Jakarta Selatan dan sebagian Jakarta Timur.

Baca Juga:

Heboh Dentuman Misterius di Langit Bandung, Ini Penjelasan BMKG

Hasil monitoring BMKG menggunakan peralatan lightning detector menunjukkan adanya beberapa aktivitas petir yang terjadi di sekitar Gunung Salak Bogor antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

"Sehingga suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," ujar Daryono.

BMKG. Merahputih.com / Rizki Fitrianto
BMKG. Merahputih.com / Rizki Fitrianto

Kemudian, lanjut Daryono, hasil dari monitoring BMKG menggunakan sensor gempa yang terpasang dekat Jakarta, yaitu di Citeko, Bogor dan Pondok Aren, Tangerang Selatan, menunjukkan tidak ada catatan aktivitas gempa yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya antara pukul 19.00 hingga 21.00 WIB.

Baca Juga:

Gunung Merapi Erupsi, Dentuman Bikin Warga Boyolali Panik

Meski begitu, Daryono menyampaikan, gempa dengan kedalaman sangat dangkal memang dapat menimbulkan suara dentuman. Tapi di menyakini suara dentuman itu bukan berasal dari bencana gempa bumi.

"Namun demikian saat warga melaporkan suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya," tutupnya. (Asp)

Baca Juga:

Penjelasan BMKG soal Suara Dentuman di Jawa Tengah

Kredit : asropihs

Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH