Penjelasan Anies Baswedan Terkait Biaya Mudik Gratis Pemprov DKI Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (MP/Asropih)

MerahPutih.com - Pemprov DKI Jakarta menggelontorkan dana sebesar Rp 14 miliar untuk acara mudik gratis pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2019. Namun, anggaran tersebut dipersoalkan oleh sejumlah pihak.

Pasalnya, jika anggaran sebesar itu dibagi dengan jumlah 300-an bus atau jumlah pemudik sebanyak 17.427 orang, maka biaya untuk satu orang mencapai Rp 823.500.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjelaskan biaya itu untuk perjalanan pulang pergi atau mudik hingga balik.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: MP/Asropih

"Jadi bukan hanya satu jalan, jadi dibiayai busnya untuk berangkat dan kembali lagi ke Jakarta. Ada info grafis dari dishub nanti dicatat lebih detailnya," kata Anies di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin (10/6).

Anies mengatakan, mudik gratis kemarin masih dalam tahap evaluasi.

"Nanti kita evaluasi dulu dari situ nanti ke depannya kita lihat seperti apa, ini kan baru pertama kali. Evaluasi soal partner, rute, besaran kapasitas, semuanya dievaluasi baru nanti kita siapkan ke depannya," terang Anies.

BACA JUGA: Wasekjen Demokrat Minta Koalisi Dua Capres Dibubarkan, Habiburokhman: Ngerti Hukum Gak?

Gubernur juga mengklaim, jasa penyedia bus juga senang dengan adanya kebijakan ini. Anies menambahkan mudik gratis ini juga menjamin keselamatan mereka aman sampai daerah tujuan.

"Mereka ada kepastian jamnya, jumlah penumpang, harga. Jadi dari sisi mereka ternyata lebih senang dan mereka bilang lebih banyak begini lebih baik," tegas Anies.

Sementara itu, Kadishub Sigit Widjatmoko mengoreksi hitung-hitungan biaya per pemudik. Mudik gratis itu, kata dia, tak hanya untuk sekali jalan. Para pemudik yang diberangkatkan juga akan dipulangkan kembali ke Ibu Kota secara gratis.

"Selain itu, tersiar kabar bahwa biaya per armada bus menghabiskan 29 juta rupiah, yang mana tujuan Ciamis, Tasikmalaya, dan Kuningan berbiaya sama. Untuk diketahui, harga sewa bus tidak sama dan tidak dipukul rata untuk semua tujuan," kata Sigit kepada wartawan.

Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta. Foto: MP/Asropih
Mudik Gratis Pemprov DKI Jakarta. Foto: MP/Asropih

Besarannya berbeda-beda, sesuai kota tujuannya. Tentu, harga sewa ke Ciamis tidak sebesar harga sewa bus ke Yogyakarta, dan harga ke Yogyakarta tidak sama dengan harga ke Jombang, dan seterusnya," ujar Sigit.

Berikut rangkuman biaya mudik gratis yang dilansir Pemprov DKI:

Anggaran untuk sewa bus: Rp 11,4875 miliar
Jumlah bus: 594 bus (372 saat arus mudik dan 222 saat arus balik). (Knu)

BACA JUGA: Polri Buru Penyebar Hoaks Isu Densus 88 Bakal Tangkap Perwira TNI Aktif


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH