Penjabat Gubernur M Iriawan Targetkan Jabar Kembali Jadi Sentra Peternakan Sapi Penjabat Gubernur Jabar M Iriawan (baju putih) saat lakukan kunjungan kerja (Foto: Humas BAPPEDA Jabar)

MerahPutih.Com - Sektor peternakan termasuk program unggulan Provinsi Jawa Barat. Sapi menjadi salah satu ternak yang sudah lama dikembangkan masyarakat Jabar khususnya di wilayah Tasikmalaya. Atas dasar itu, Penjabat Gubernur M Iriawan menyatakan Jabar harus serius mengembangkan peternakan sapi.

Menurut M Iriawan, selama ini budaya ternak di Jawa Barat sudah mulai menurun sehingga kebutuhan akan daging sapi harus didatangkan dari luar provinsi.

"Dulu Bandung merupakan pusat ternak sapi dan susu, coba kembali ke situ (sektor peternakan) biar meningkat di Jabar," kata Iriawan saat menghadiri kontes ternak tingkat Provinsi Jabar di Lapang Dadaha, Kota Tasikmalaya, Kamis (19/7).

Ia menuturkan, produksi ternak sapi di Jabar belum mampu memenuhi kebutuhan konsumsi daging masyarakat di Jabar karena peternaknya minim.

Sapi dari luar daerah Jabar
Sapi dari NTT untuk kebutuhan daging di Jakarta dan Jawa Barat (Foto: MP/Yohanes Abimanyu)

Menurut Iriawan sebagaimana dilansir Antara, salah satu faktor berkurangnya budaya ternak yakni kehadiran industri yang menyebabkan masyarakat Jabar lebih memilih bekerja di industri daripada bisnis peternakan.

"Di Jabar sentra industri banyak, jadi masyarakat kurang tertarik," katanya.

Ia mengungkapkan selama ini kebutuhan daging Jabar didatangkan dari Jawa Timur, Jawa Tengah dan Nusa Tenggara Barat.

Menurut dia, wajar bila di daerah pemasok tersebut jumlah ternak sapinya lebih banyak karena hampir semua penduduk mempunyai ternak, sedangkan di Jabar sangat rendah.

M Iriawan berharap, melalui kegiatan kontes ternak dapat meningkatkan kualitas peternakan sapi dan mampu mengembangkan bibit unggul sehingga peternakan di Jabar menjadi lebih baik.

"Kalau kontes tidak ada hasilnya ya percuma. Harus ada bibit terbaik demi daya saing pemenuhan kebutuhan daya saing di Jabar," katanya.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel:



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH