Peningkatan Kesejahteraan Prajurit Jadi PR Panglima TNI Agus Subiyanto

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 23 November 2023
Peningkatan Kesejahteraan Prajurit Jadi PR Panglima TNI Agus Subiyanto
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Istana Negara Jakarta, Rabu (22/11/2023). (ANTARA/Andi Firdaus)

MerahPutih.com - Jenderal Agus Subiyanto mendapat tugas berat di awal kepemimpinannya sebagai Panglima TNI.

Anggota Komisi I DPR RI Junico Siahaan meminta Panglima TNI baru menjamin kesejahteraan prajurit mengingat tata kelola sumber daya dalam kelembagaan militer sangat penting dalam sistem pertahanan.

"Kesejahteraan prajurit menjadi hal yang perlu diperjuangkan sebagai bagian dari keselarasan pembangunan profesionalisme dan lembaga TNI yang kuat," ujar pria yang karib disapa Nico Siahaan itu di Jakarta, Kamis (23/11).

Baca Juga:

Harapan Kapolri Jenderal Listyo kepada Panglima TNI Agus Subiyanto

Isu kesejahteraan prajurit dinilai perlu ditekankan. Sebab, pekerjaan rumah (PR) Panglima TNI yang baru tersebut menyangkut eksistensi dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai penjaga pertahanan negara.

Nico meminta Jenderal Agus memperjuangkan kebutuhan setiap personel TNI dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai prajurit.

"Peningkatan kesejahteraan prajurit sangat memengaruhi profesionalitas TNI dalam bertugas dan menunjukkan eksistensinya sebagai garda utama penjaga pertahanan dan keamanan Ibu Pertiwi," tuturnya.

Nico merinci, salah satu upaya dalam peningkatan kesejahteraan prajurit ialah dengan meningkatkan fasilitas perumahan dinas.

Meskipun pucuk pimpinan berganti, ia berharap TNI terus konsisten merealisasikan kebutuhan bagi para prajuritnya.

"Di luar perumahan, aspek yang juga difokuskan dalam agenda perbaikan kesejahteraan prajurit bisa berupa peningkatan penghasilan dan adanya pelayanan kesehatan prajurit serta anggota keluarganya," ujar Nico.

Baca Juga:

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto Janji Teruskan Program Yudo Margono

Selain itu, perlu juga untuk memastikan jaminan hari tua bagi para anggota TNI yang telah menyelesaikan masa pengabdian mereka.

Nico pun menyebut, DPR terus mendukung upaya peningkatan kesejahteraan prajurit.

Seperti dalam sisi penganggaran di mana DPR melalui Komisi I telah menyetujui penambahan anggaran sebesar Rp 1,67 Triliun untuk TNI dan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dalam APBN 2024.

Penambahan anggaran dengan nilai Rp 1.671.963.798.000 itu untuk mengakomodir rencana penaikan 8 persen gaji prajurit TNI dan ASN Kemenhan.

“Ini menjadi bukti atas komitmen DPR dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan prajurit yang sangat berjaga bagi negara karena rela berkorban menjalani tugas-tugas berat, khususnya bagi personel TNI yang ditugaskan di daerah rawan,” jelas Nico.

Para prajurit yang bertaruh nyawa perlu mendapat jaminan kesejahteraan yang baik, termasuk bagi keluarga mereka.

"Hal ini agar saat menjalankan tugasnya, prajurit merasa tenang saat mengetahui keluarga mereka terjamin,” lanjutnya.

Selain kesejahteraan prajurit, Nico juga menekan pentingnya modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista).

Menurutnya, peremajaan alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi di sektor pertahanan Indonesia.

"Pembelian alutsista tentunya dapat mendukung pembangunan kekuatan TNI dalam hal mewujudkan tujuan nasional yang tertera dalam amanah UUD 1945, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia," jelas Nico yang merupakan mantan artis ini. (Asp)

Baca Juga:

Panglima TNI Agus Subiyanto Jawab Kekhawatiran soal Netralitas di Pilpres 2024

#Panglima TNI #TNI
Bagikan
Bagikan